Moderasi Sensitivitas Stigma dalam Hubungan antara Pengendalian Diri, Kebiasaan Belajar, dan Keterlibatan Aktif Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Mahasiswa seringkali kurang aktif terlibat dalam proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari sensitivitas pada stigma akibat kesenjangan sosio ekonomi (SSID) pada hubungan pengendalian diri, kebiasaan belajar, dan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Partisipan sejumlah 121 orang mahasiswa universitas X dengan rentang usia 20-23 tahun (M = 21,298, SD = 0,679), terdiri dari 107 perempuan dan 14 laki-laki. Dua analisis dilakukan pada penelitian ini yaitu uji bivariate correlation untuk melihat korelasi antar variabel dan uji regresi untuk melihat pengaruh moderasi SSID pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif di kelas melalui mediasi dari kebiasaan belajar. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara pengendalian diri dengan kebiasaan belajar dan kebiasaan belajar dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Hasil uji regresi menunjukkan peran kebiasaan belajar sebagai mediator pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara itu tidak ada pengaruh yang signifikan dari SSID pada hubungan tersebut. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis yaitu pengendalian diri yang baik dan kebiasaan belajar yang teratur dapat menjadi prediktor terhadap keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara implikasi praktisnya adalah cara menggugah mahasiswa agar lebih aktif di kelas dimulai dengan melatih pengendalian diri dan dibantu membentuk kebiasaan belajar yang teratur.
Article Details
Section
Articles
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.