Standar Kecantikan Perempuan Berhijab dalam Iklan Televisi (Analisa Semiotika Iklan Wardah Versi Feel The Beauty)

Main Article Content

Christinawati Christinawati
Ahmad Junaidi

Abstract

This research is to provide knowledge and insight to the reader.  This research is about the standard of hijab women's beauty in television commercials (Semiotic analysis to Wardah version of  Feel The Beauty).  The thing to be discussed is the message to be conveyed through the advertisement by asking Wardah.  Received  responses from Wardah users in Jakarta.  The beauty standard of social media construction is television through advertisement shows.  The theory used in this study, namely beauty, mass media, television advertising as mass communication and social construction of advertising in mass media.  This research is a descriptive qualitative research, interpreting sign through  semiotic analysis with Roland Barthes theory by using denotation, connotation and myth.  Conduct  interviews with Wardah and women who use Wardah products.  The results showed that the woman's beauty standards not only from outside, including from within yourself.  The women placed in the advertisements also seem to fit the message that they want to convey.

 

Penelitian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan wawasan kepada pembaca. Penelitian ini tentang standar kecantikan perempuan berhijab dalam iklan televisi (Analisis semiotika iklan Wardah versi Feel The Beauty). Hal yang ingin dibahas yaitu, pesan yang ingin disampaikan melalui iklan tersebut dengan bertanya kepada pihak Wardah. Mendapat tanggapan tentang iklan tersebut dari pengguna pihak Wardah yang berada di Jakarta. Adanya standar kecantikan dari konstruksi sosial media yaitu televisi melalui tayangan iklan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu kecantikan, media massa, iklan televisi sebagai komunikasi massa dan konstruksi sosial iklan dalam media massa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, memaknai tanda melalui analisis semiotika dengan teori Roland Barthes dengan menggunakan denotasi, konotasi dan mitos. Melakukan wawancara mendalam dengan pihak Wardah dan perempuan yang menggunakan produk Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar kecantikan perempuan itu tidak hanya dari luar saja termasuk dari dalam diri. Perempuan yang berada di dalam iklan pun terlihat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Article Details

How to Cite
Christinawati, C., & Junaidi, A. (2020). Standar Kecantikan Perempuan Berhijab dalam Iklan Televisi (Analisa Semiotika Iklan Wardah Versi Feel The Beauty). Prologia, 4(1), 209–214. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6477
Section
Articles
Author Biographies

Christinawati Christinawati, Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara

References

Bungin, Burhan. (2013). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana.

Dewi, Murti Candra. (2013). Representasi Pakaian Muslimah Dalam Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Kosmetik Wardah di Tabloid Nova). Jurnal Komunikasi Profetik, 6 (2). Diakses dari :http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/download/1171/1081.

Djamerang, Asmi. (2018). Analisis Semiotika Pada Iklan di Televisi. Jurnal Al-Khitabah, 6 (1), 1-16. Diakses dari: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/download/4713/4260.

Effendi, Irfan. (2016). Kecantikan Has Wanita Berjilbab dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Kosmetik Wardah Versi Kisah di Balik Cantik). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Alauddin: Makassar. Diakses dari: http://repositori.uinalauddin.ac.id/4500/1/IRFAN%20EFENDI%20%2850500112005%29.PDF

Enzim. (2012). Analisis Data Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga

Melliana, Annastasia S. (2006). Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: PT. IKis Pelangi Aksara

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sahara, Anisa Rohmah. (2019). Reprsentasi Cantik Iklan Wardah di Televisi (Studi Analisis Semiotik Iklan Wardah Exclusive Series Versi Dewi Sandra In Paris). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam (IAIN): Ponorogo. Diakses dari: http://etheses.iainponorogo.ac.id/5835/1/FIX.pdf

Sari, Wulan Purnama. (2017). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi, 2, 7

Sobur, Alex. (2012). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Williams, Raymond.(2009). Televisi. Yogyakarta: Resist Book

Wolf, N. (2004). Beauty Myths: How Images of Beauty Used Against Women. New York: Morrow

Worotitjan, Hulda Grace. (2014). Konstruksi Kecantikan dalam Iklan Kosmetik Wardah. Jurnal e-komunikasi. 2 (2). Diakses dari: http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/download/1787/1636