Interaksi Simbolik Dalam Sales Promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta)

Main Article Content

Catherina Siena
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Marketing communication of a product is done to improve product quality and introduce products to consumers. Starbucks is a famous coffee shop in Indonesia. This research aims to determine the process of symbolic interaction in the formation of brand loyalty among Starbucks card users. This research uses symbolic interaction theory, brand loyalty and sales promotion. Symbolic interactions play a very important role in increasing consumer brand loyalty. This research uses a qualitative methodology. Data collection in this research was conducted by in-depth interviews and participant observation. The analytical method used in this research is a case study. The results showed that consumer loyalty to Starbucks, so they want to use Starbucks cards occurs because of the quality and promotion of Starbucks. And symbolic interaction is very influential in the process of brand loyalty formation such as promotions, rules and language used.

 

Komunikasi Pemasaran terhadap sebuah produk dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk dan memperkenalkan produk kepada konsumen. Starbucks adalah sebuah kedai kopi ternama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses interaksi simbolik dalam pembentukkan brand loyalty diantara para pengguna kartu Starbucks. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik, brand loyalty dan sales promotion. Interaksi simbolik berperan sangat penting dalam meningkatkan brand loyalty konsumen. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi partisipan. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keloyalitasan konsumen terhadap Starbucks, sehingga mereka mau menggunakan Starbucks card terjadi karena kualitas dan promosi di Starbucks. Dan interaksi simbolik sangat berpengaruh pada proses pembentukkan brand loyalty itu sendiri seperti promosi, peraturan dan bahasa yang digunakan.

Article Details

How to Cite
Siena, C., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik Dalam Sales Promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Prologia, 4(1), 201–208. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6476
Section
Articles
Author Biographies

Catherina Siena, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Christina, Nadya. (2019, November 03). Wawancara Pribadi

Ezra, Kevin. (2019, November 05). Wawancara Pribadi

Kusuma, Yohanes Surya. (2014). Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty melalui Brand Satisfaction dan Brand Trust Harley Davidson di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.2, No.1, 1-11.

Kuswarno, Engkus. (2009). Metode Penelitian Komunikasi : Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya, Bandung: Widya Padjajaran

Mauren, Maya. (2019, November 01). Wawancara Pribadi

Mendez, Marife. (2012). Sales Promotions Effects On Brand Loyalty. Dissertation H. Wayne Huizenga School of Business and Entrepreneurship Nova Southeastern University.

Pribadi, Muhammad Adi, Suganda, Venus & Susanto, Eko Harry (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia: Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortune Indonesia. Disertasi Universitas Padjadjaran. Bandung: Universitas Padjajaran

Richard West, Lynn H.Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi (Buku 1) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika

Suwatno. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual. PT. Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.

Vernanda, Natasya. (2019, November 05). Wawancara Pribadi

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT

RajaGrafindo