Analisis Peran Komunikasi Visual Art Band Fourtwnty Sebagai Media Promosi

Main Article Content

Greciana Herlin
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Writing this paper aims to determine the Role of Communication Visual Art Band Fourtwnty as Media Promotion. The thing that makes the background of this paper is due to the visual art communication used to conduct a Fourtwnty band promotion. Researchers use qualitative research methods in completing writing this scientific paper, where with qualitative research methods researchers can find how to find problems that are the subject of discussion in the use of visual art communication as a promotional medium. The use of Surrealism and Pop Art, as a promotion used by the band Fourtwnty to get an attraction. The results of this study indicate that there is a successful use of visual art communication on promotions conducted by Ban Fourtwnty. Thus the results of this study can be used as useful reading for us all.



Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui Peran Komunikasi Visual Art Band Fourtwnty Sebagai Media Promosi. Adapun hal yang menjadikan latar belakang karya tulis ini dikarenakan komunikasi visual art yang digunakan untuk melakukan sebuah promosi band Fourtwnty. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dalam menyelesaikan penulisan karya tulis ilmiah ini, dimana dengan metode penelitian kualitatif peneliti dapat menemukan bagaimana cara untuk menemukan permasalahan yang dijadikan pokok pembahasan dalam penggunaan komunikasi visual art sebagai media promosi. Penggunaan aliran Surealisme dan Pop Art, sebagai promosi yang digunakan oleh band Fourtwnty untuk mendapatkan daya tarik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keberhasilan penggunaan komunikasi visual art terhadap promosi yang dilakukan  oleh band Fourtwnty. Dengan demikianlah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bacaan yang bermanfaat bagi kita semua.

Article Details

How to Cite
Herlin, G., & Sukendro, G. G. (2020). Analisis Peran Komunikasi Visual Art Band Fourtwnty Sebagai Media Promosi. Prologia, 4(1), 167–172. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6467
Section
Articles

References

Adityawan S, Arief & Tim Litbang Concept. (2010). Tinjauan Desain Grafis dari Revolusi Industri Hingga Indonesia Kini. Jakarta: PT Concept Media.

Dwi, Hutomo. (2017, November 18), Kenalan dengan Fourtwnty, Band Indie Bentukan Roby Geisha yang Naik Daun Berkat Filosofi Kopi 2. Desember 12, 2019. Jadiberita.com. http://jadiberita.com/120907/kenalan-dengan-fourtwnty-band-indie-bentukan-roby-geisha-yang-naik-daun-berkat-filosofi-kopi-2.html.

Fadlurrahman, Rifqie. (2018). Pembuatan Konten Visual Kreatif Harian Untuk Media Sosial Produk Pt. Sinar Sosro Menggunakan Adobe Creative Cloud 2017. Jurnal Studi Teknik Multimedia Dan Jaringan Politeknik, 1-7.

Irbah, Haryani., Rachma P, Yuliani., Salmiyah F, Dini. (2015). Strategi Komunikasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Band Indie Mustache And Beard. Jurnal Komunikasi, 2.

Kriyantono, Rakhmat. (2010). Teknik Riset Komunikasi. Kencana: Jakarta

Lucie S, Edward. (1996). Visual Art In The Twentieth Century. London: Laurence King Publishing.

Martin L, Paul. (2014). Visual Communication: Images With Messages, Sixth Edition. Boston USA: Premediaglobal.

Nurdin, Ismail., & Hartati, Sri. 2019. Metodologi Penelitian Social. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Rangkuti, Freddy. (2019), Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soelistyowati, Sri., & Nur S, Pri Budiarta. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tanoto, Bagas, & Genep S, Gregorius. (2018), Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie Fourtwnty Dalam Industri Musik Indonesia. Jurnal Komunikasi, 2(1).