Strategi Public Relations PT X dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Otomotif

Erika Laurencia, Yugih Setyanto
| Abstract views: 83 | views: 46

Abstract

Cars are one of many transportation that makes it easier for people to go on with their daily lives and meet the need of the communities and the most popular vehicles amongst the people that caused the intense competition in automotives industry. Public Relations has an importan role in the competitive automotives business. This research was conducted to explain PT X's public relations strategy in dealing with the competitive automotive business. The approach used in this research is case study analysis by doing observation and interview to few parties involved in company's strategy.The conclusion of this research is all public relations strategies are used by PT X in dealing with competitors, many parties also participated in this public relations strategy, because PT X is a huge company therefore there are several departement that deal helps with for the strategy to be effective.

 

Mobil merupakan salah satu transportasi yang memudahkan masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari, dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Mobil merupakan kendaraan yang paling digemari oleh masyarakat. Hal tersebut yang membuat perkembangan Industri Otomotif mengalami persaingan yang ketat. Public Relations memiliki peranan penting dalam persaingan bisnis otomotif. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi public relations PT X dalam menghadapi persaingan bisnis otomotif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang merupakan deskriptif. Dalam penelitian ini penulis melakukan dengan cara observasi dan wawancara beberapa pihak yang ikut serta dalam strategi tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah seluruh strategi public relations digunakan oleh PT X dalam menghadapi para competitor, tetapi banyak pihak yang ikut serta dalam strategi public relations ini, karena PT X merupakan perusahaan besar sehingga terdapat beberapa bagian yang menangani agar efektif.

 

Keywords

Communication; Public Relations; Public Relations Strategy, Komunikasi; strategi public relations

Full Text:

PDF

References

Agung, Silih Wasesa, Jim Macnamara. (2006). Strategi Public Relations. Jakarta : PT Gramedia.

Abdul Hamid, (2009). Konsep dan Tuntutan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Andi

Any Noor. (2013). Manajemen Event. Bandung : Alfabeta Offset.

Ardianto, Elvinaro. (2009). Public Relations Praktis. Edisi pertama. Jakarta: Widya Padjajaran.

Cutlip, Scott M; Center, Allen H; Broom, Glen M (2000). Effective Public Relations 8 Edition. New Jersey. Prentice-Hall. Inc

Mulyana, Deddy. (2009). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tamara, Jessica dan Yugih Setyanto (2018). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Jurnal Komunikasi, Vol. 2, No. 2, Desember 2018, Hal 377-384

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.