Pengaruh Citra, Kredibilitas dan Kemampuan Komunikasi Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make-Up Maybelline (Studi Kasus Tasya Farasya)

Main Article Content

Sonya Aprillia Savitri
Rezi Erdiansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh citra, kredibilitas dan kemampuan komunikasi beauty vlogger Tasya Farasya terhadap keputusan pembelian produk make-up Maybelline. Variabel independen dalam penelitian ini adalah citra, kredibilitas dan kemampuan komunikasi serta keputusan pembelian sebagai variable dependen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan ini menggunakan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat dari umur >16 tahun sampai <30tahun yang menonton video review produk Make-up Maybelline di media platform  youtube Tasya Farasya dengan jumlah 100 responden. Penelitian menggunakan alat uji SPSS for windows 16 untuk uji validitas, realibilitas, hipotesis (analisis regresi linier ganda),Uji T, uji F, Koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Citra beauty vlogger berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk ­make-up Maybelline, 2) Kredibilitas beauty vlogger paling berpengaruh terhadap keputusan ­make-up Maybelline, 3) kemampuan komunikasi beauty vlogger berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk make-up Maybelline

Article Details

How to Cite
Savitri, S. A., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra, Kredibilitas dan Kemampuan Komunikasi Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make-Up Maybelline (Studi Kasus Tasya Farasya). Prologia, 3(1), 267–273. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6250
Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian. Bandung: Alfabeth.

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. 2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Boyd, Walker, Larreche. 1997. “Manajemen Pemasaran,” Dialihbahasakan oleh Nurmawan, Imam, Edisi kedua, Jilid kedua, Jakarta; Erlangga.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fuchs, Christian. 2010. Media, Culture & Society. Los Angeles:SAGE Publications.

Ishak, 2008. Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Study Perpustakaan dan Informasi, 4(2).

Jefkins, & Yadin. 2003. Public Relations Edisi kelima . Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana.

Kumar & Raju (2013). The role of advertising in consumer decision making. IOSR Journal of Business and Management, 14(4).

Rakhmat,Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

_______________. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Santoso, Erdiansyah, Pribadi.2018.Pengaruh Brand Awarness dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Jurnal Untar Prologia, 2(2).

Shimp, Terence. A. 2014 (terj. Harya Bhima Sena, Fitri Santi, Anisa Puspita Dewi). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi, Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Tubbs & Moss, 2005. Human Communication Konteks-Konteks Komunikasi. Bandung:PT. Rosda Karya.

Yulindo, K. P. 2013. Pengaruh atribut-atribut produk terhadap keputusan pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar di Kota Padang. Jurnal Manajemen, 2(01).