Strategi Komunikasi Pemasaran Pengusaha Brand Lokal (Studi Kasus Pada Fine Finest Hour Dan Your Apparel)

Reynaldi Permana, Roswita Oktavianti
| Abstract views: 18 | views: 16

Abstract

Berkembangnya zaman ditandai dengan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah canggih. Perkembangan zaman dapat digunakan sebagai alat untuk menyusun strategi komunikasi. Fine Finest Hour dan Your Apparel adalah brand clothing lokal yang menggunakan beberapa strategi komunikasi pemasaran dan bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh pengusaha brand clothing lokal dalam pemasaran produk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan pemilik brand Fine Finest Hour dan Your Apparel dan beberapa konsumen dari masing-masing perusahaan, studi pustaka dan observasi secara tidak langsung. Dari seluruh kegiatan pemasaran yang diteliti menunjukkan bahwa kegiatan yang paling dominan diperhatikan oleh kedua perusahaan yaitu memilih saluran komunikasi dan mengukur hasil. Komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara tatap muka, melalui media sosial, dan media elektronik lainnya. Kepuasan pelanggan diukur dengan melihat komentar melalui media sosial Instagram, ada juga melalui kolom review produk dari Tokopedia.

Keywords

Strategi Komunikasi;Brand Lokal; Komunikasi Pemasaran

Full Text:

PDF

References

Cangara, Hafied.2013. Perencanaan & strategi Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada .

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran.( Edisi 13). Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kusniadji, Suherman. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, Volume 8, No, 1, 83-98.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.