Komunikasi Interaktif Food Blogger Pada Media Sosial Instagram (Studi Kasus Akun @Anak.Kuliner Dan @Eatandcouple)

Main Article Content

Renata Adelia
Roswita oktavianti

Abstract

Dalam era modern, kegiatan komunikasi didukung oleh adanya kemajuan di bidang teknologi yang melahirkan media sosial. Adanya media sosial memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses informasi dengan cepat dan mudah. Kemudian muncul food blogger yang memberikan pengaruh dalam bidang kuliner. Makanan kini dianggap memiliki nilai estetika dan dijadikan sebagai objek foto yang kemudian diberi ulasan. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana komunikasi interaktif yang dilakukan oleh food bloggers melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan metode studi kasus. Simpulan penelitian ini adalah Instagram merupakan media sosial yang sangat akrab di kalangan generasi muda, selain itu kepopuleran food blogger tak lepas dari peranan sekelompok orang yang menjadi followers-nya. Hal tersebut juga didukung oleh komunikasi interaktif  yang bertujuan untuk mendapat feed back mengenai barang yang telah diunggah atau dipasarkan melalui media sosial. Food bloggers juga menunjukkan kreativitas dan passion mereka melalui ulasan yang jujur.

Article Details

How to Cite
Adelia, R., & oktavianti, R. (2019). Komunikasi Interaktif Food Blogger Pada Media Sosial Instagram (Studi Kasus Akun @Anak.Kuliner Dan @Eatandcouple). Prologia, 3(1), 209–216. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6241
Section
Articles

References

Kotler, Philip dan Armstrong Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi kedua belas jilid I. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas jilid1. Jakarta: Erlangga

Nasrullah, Rulli (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, danSosioteknologi. Edisi ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suryani, Tatik. 2015. Perilaku Konsumen di Era Internet; Implikasi PadaStrategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, Zainal. (1994). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. CV.Remaja Karya. Bandung

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era MediaSosial. Jakarta: CV. Pustaka Setia PT Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP