Analisis Kreativitas Cindercella dalam Melakukan Make Up Art
Main Article Content
Abstract
Make Up merupakan salah satu bagian dari kehidupan masyarakat pada saat ini. Seiring perkembangan jaman make up mempunyai banyak variasi, salah satunya Make Up Art. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai kreativitas Cindercella dalam mengkomunikasikan make up art. Cindercella adalah seorang beauty vlogger yang sudah cukup ternama dan make up art sudah melekat pada dirinya yang dikenal banyak orang. Penulis tertarik untuk menganalisa kreativitas make up art yang dibuat oleh Cindercella karena make up yang dibuat sangat unik, menarik, dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan mengkomunikasikan dan melakukan make up art yang dilakukan oleh Cindercella. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori antara lain teori komunikasi, identitas diri, dan kreativitas. Jenis metodelogi penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan hal-hal lain yang terkait dengan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas yang dilakukan oleh Cindercella dalam mengkomunikasikan make up art. Dapat disimpulkan, make up art yang dilakukan oleh cindercella berbeda unik dan kreatif sehingga membuat dirinya dikenal oleh banyak orang dan menjadikan make up art tersebut sebagai identitas yang sudah melekat pada dirinya. Tujuan make up art yang dilakukan oleh cindercella agar dirinya dapat menjadi trensetter.
Article Details
References
Barker, Chris, 2004. Cultural Studies. Teori & Praktik. Penerjemah: Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Effendy, Onong. Uchyana. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gunawan, Imam (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moelong, Lexy J. (2012). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. (2009). Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rachmawati, Yeni & Euis Kurniati. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdikbud.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta