Analisis Promosi Goffee Indonesia Di Instagram
Main Article Content
Abstract
Seiring berkembangnya kedai kopi di Indonesia menambah minat penulis untuk ingin mengetahui lebih dalam tentang bisnis kedai kopi tersebut, yang salah satunya adalah Goffee Indonesia. Goffee Indonesia merupakan kedai kopi yang berlokasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, yaitu di ITC Mangga Dua lantai 2. Komunikasi Pemasaran merupakan suatu sarana menginformasikan, membujuk serta mengingatkan pelanggan secara langsung maupun tidak langsung tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan (Kotler 2009:172) . Pada umumnya, komunikasi pemasaran merepresentasikan “suara” perusahaan dan mereknya serta merupakan saran dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen (Kotler, 2009:172). Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk mengetahui lebih dalam analisis promosi yang dilakukan Goffee Indonesia di Instagram. Kemudian penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melalui pendekatan etnografi. Penelitian menggunakan metode wawancara dengan 6 informan yang terdiri dari pemilik kedai kopi, admin akun instagram Goffee Indonesia, dan juga pelanggan. Dari penelitian yang diperoleh bersumber dari wawancara, observasi dan studi etnografi. Agar komunikasi pemasaran atau promosi yang dilakukan Goffee Indonesia berjalan dengan efektif, Goffee Indonesia juga selalu membuat promosi yang menarik setiap hari, dan memiliki keinginan akan menambah semakin banyak minat beli konsumen. Dan dari hasil penelitian ini adalah Instagram sangat bermanfaat dalam komunikasi pemasaran ataupun promosi yang dilakukan Goffee Indonesia.
Article Details
References
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suwatno, H. (2017), Komunikasi Pemasaran Kontekstual. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
https://www.hinet.co.id/media-sosial-yang-terbanyak-diakses-orang-indonesia-siapa-nomor-1/)
(http://academia.edu/3326757/Marginalized_dan_Pertarungan_New_Media_vs_Media_Cetak_)
http://www.tempo.co/read/news/2014/06/30/092589168/Orang-Indonesia-Makin-Gemar-Minum-Kopi
https://manual.co.id/article/manual-jakartas-debut-print-issue-jakarta-coffee-manual-jcm-2017/