Kegiatan Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Loyalitas Konsumen Di Cv. Cipta Wahana Kreasi

Main Article Content

Jessica Octaviani
Yugih Setyanto

Abstract

Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan, karena dapat membuat orang tahu bahwa perusahaan tersebut memiliki produk atau jasa, sehingga memudahkan konsumen yang sedang mencari produk atau jasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan komunikasi pemasaran dalam membangun loyalitas konsumen di CV. Cipta Wahana Kreasi. Komunikasi pemasaran yang tepat maka dapat membangun loyalitas pelanggan karena Loyalitas pelanggan merupakan faktor penting yang menjadi alat ukur pembelian kembali. Metode penelitian ini menggunakn jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan pada CV. Cipta Wahana Kreasi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Cipta Wahana Kreasi hanya menggunakan dua cara komunikasi pemasaran yaitu hanya dengan personal selling, dan direct marketing dan perusahaan tersebut juga membangun loyalitas pelanggan hanya dua dari empat jenis kegiatan pemasaran, yaitu dengan mempersonalisasikan pemasaran dan memenangkan kembali. Implikasi penelitian ini adalah komunikasi pemasaran dengan cara personal selling dan direct marketing sagat berperan penting di perusahaan karena sangat efektif untuk melakukan pemasaran. Selain itu, membangun loyalitas pelanggan juga sangat penting karena konsumen bisa setia berlangganan di perusahaan tersebut karena kenyamanan yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Octaviani, J., & Setyanto, Y. (2019). Kegiatan Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Loyalitas Konsumen Di Cv. Cipta Wahana Kreasi. Prologia, 3(1), 154–161. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6233
Section
Articles

References

Abdurahman, H. R. (2011). Komunikasi Pemasaran Indosiar Dalam Menarik Minat Para Pemasang Iklan Pada Program Keagamaan Bulan Ramadhan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2721

Chrismardani. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi untuk UMKM. http://kompetensi.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472/442

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Morissan. (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasara Terpadu. Jakarta : Prenadamedia Group.

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung : CV Pustaka Setia.

Rachmawati, P. I., dan Setyanto, Y. (2018). Peran Customer Relations Dalam Menerapkan Kebijakan Baru Untuk Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/1982

Selang. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1374/1085

Shimp, A. T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat