Strategi Public Relations Kepabeanan Dan Cukai Pt.Abadi Cemerlang Eratama Logistik dalam Mengedukasi Konsumen Mengenai Bahaya Impor Ilegal

Main Article Content

Immanuel Hendrico
Yugih Setyanto

Abstract

Humas Kepabeanan dan Cukai PT.Abadi Cemerlang Eratama Logistik (PT.ACE Logistik) adalah perusahaan yang tergabung dalam Abadi Group yang bertugas menjadi sarana informasi bagi konsumen yang menggunakan jasanya mengenai peraturan yang berlaku tentang impor. Penulis tertarik dengan penelitian ini dikarenakan ingin mengetahui bagaimana Strategi PR Kepabeanan dan Cukai PT.ACE Logistik dalam mengedukasi konsumen mengenai impor ilegal. Dasar teoritik yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah teori tentang komunikasi, hubungan masyarakat, fenomenologi, humas kepabeanan dan cukai, strategi PR, dan impor. Metode yang digunakan oleh penulis menggunakan kualitatif dan pendekatan studi kasus melalui fenomenologi. Penulis juga ingin memahami strategi PR Kepabeanan dan Cukai PT.ACE Logistik dalam mengedukasi konsumen mengenai impor ilegal melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Sehingga dapat disimpulkan, strategi PR Kepabeanan dan Cukai PT.Abadi Cemerlang Eratama Logistik yaitu dengan cara menginformasikan peraturan impor guna mencegah terjadinya impor ilegal.

 

Article Details

How to Cite
Hendrico, I., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Public Relations Kepabeanan Dan Cukai Pt.Abadi Cemerlang Eratama Logistik dalam Mengedukasi Konsumen Mengenai Bahaya Impor Ilegal. Prologia, 3(1), 128–134. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6226
Section
Articles

References

Husein Umar. 2008. Metode Penelitian Skripsi dan Tesis Bisnis, Penerbit: PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lexy J.Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rosda.

Mahmud Machfoeddz. 2004. Komunikasi Bisnis Modern, Yogyakarta, BPFE.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi (Cetakan keduapuluh sembilan), Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Marolop Tandjung. 2011. Prosedur Ekspor Impor, Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian (Cetakan Kelima). Jakarta: Ghalia.

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis. Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada.

Nurjaman dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi dan Public Relations, Jakarta: Pustaka Setia.

Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rachmat Kriyantono. 2012. Public Relations Writting, Jakarta: Kencana Prenada Media.

Ruslan Rosady, 2007. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Penerbit PT.RajaGrafindo: Jakarta.

Uchjana Effendy, Onong, 2006. Hubungan Masyarakat. Penerbit PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Astuti, S., Putri, I., & Ali, D. (2017). Strategi Komunikasi Program Internet Sehat Dan Aman Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Studi Kasus Evaluasi Program Incakap Tahun 2015.Jurnal Komunikasi, 8(1), 25-35. doi:http://dx.doi.org/10.24912/jk.v8i1.47

Evita, Yugih Setyanto. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di Pt.Bach Multi Global. Jurnal Prologia, 2(2), 312-319.

doi: http://dx.doi.org/10.24912/pr.v2i2.3596

Della Resita, Ahmad Junaidi. (2018). Analisis Strategi Pemberitaan Media Alternatif Untuk Isu-Isu Berkaitan Dengan Kekerasan Pada Perempuan (Studi Kasus Magdalene Sebagai Media Online). Jurnal Koneksi, 2(2), 269-276.

doi: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3895

https://www.academia.edu/29252678/Pengertian_Kepabeanan

www.kemenperin.go.id

https://scholar.google.co.id/citations?user=1mc1b0UAAAAJ&hl=id

http://ww.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/7041/3448