Komunikasi Pemasaran Brand Lokal Kepada Masyarakat Indonesia (Studi Terhadap Beras Sikoki)

Main Article Content

Evin Cornellin
Sinta Paramita

Abstract

Brand mampu menciptakan komunikasi interaktif dengan konsumen. Semakin kuat suatu brand, semakin kuat pula interaksinya dengan konsumen. Guna memperkenalkan brand ke masyarakat, tak terkecuali brand lokal, khususnya brand beras Sikoki. CV. Padi Mas (produsen beras Sikoki)  selalu membuat terobosan terkait dengan mempopulerkan beras Sikoki yaitu dengan menggunakan strategi, diantaranya adalah strategi komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran merupakan sebuah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, membujuk, mengingatkan pasar sasaran agar produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Konsep strategi komunikasi pemasaran adalah dengan menentukan segmentasi, target pasar, positioning dan diferensiasi. Hal ini dimaksudkan agar dalam mempromosikan produknya dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran, perusahaan juga menggunakan bauran promosi yang meliputi promosi penjualan, pemasaran langsung, promosi iklan dan internet marketing.

Article Details

How to Cite
Cornellin, E., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Pemasaran Brand Lokal Kepada Masyarakat Indonesia (Studi Terhadap Beras Sikoki). Prologia, 3(1), 86–98. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6217
Section
Articles

References

Alifahmi, Hifni, (2005). Strategi Komunikasi Pemasaran: Integrasi Iklan, Public. Relations, dan Promosi. Bandung: PT.Mizan Pustaka.

Cangara, Hafied. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada.

Cravens, David W dan Piercy, Nigel F. (2013). Marketing Management: Strategic Planning; Marketing Management, Case Studies. New York. McGraw-Hill.

Fill. C.(2009). Marketing Communications: Contexts, Contents, and Strategies. Herthfordshire: Prentice Halls.

Keller, Lane Kevin. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. (Second Edition). New Jersey: Prentice Hall.

Keller, Lane Kevin. (2003). Strategic Brand Management : Building, Measuring, And Managing Brand Equity. (Fifth Edition). New Jersey: Prentice Hall.

Khoo Kheng Hor, (2005). Marketing Wise. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ruslan, R. (2010). Manajemen dan Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Scott Stratten & Alison Stratten, (2019). UNBranding: 100 Pelajaran Branding di Era Disruptif, Jakarta: PT. Gramedia.

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. (2005). Brand Managment & Strategy. Yogyakarta: Andi.

William G. Nickels, (2004). Marketing Communication and Promotion. New York: McGraw-Hill Education.