Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Partipost)

Aileen Belinda, Riris Loisa
| Abstract views: 31 | views: 32

Abstract

Perubahan model bisnis merupakan tantangan bagi para pelaku bisnis sehingga mereka harus berinovasi agar tidak tertinggal oleh konsumen yang semakin terdigitalisasi. Salah satu upaya untuk membangun serta meningkatkan citra perusahaan dalam era digital adalah brand awareness yang memerlukan sebuah usaha yang terus menerus untuk membangunnya. Tujuan penelitian ini mengetahui pemasaran yang digunakan Partipost dalam membangun brand awareness suatu brand. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif secara deskriptif. Penelitian menggunakan wawancara mendalam terhadap tiga orang narasumber yaitu dua orang anggota Partipost dan influencer di Partipost. Data penelitian yang didapat bersumber dari wawancara, data online, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang digunakan Partipost dalam membangun brand awareness suatu brand, dengan menggunakan beberapa unsur atau bauran komunikasi pemasaran yang saling berkaitan, akan menciptakan bentuk pemasaran yang khas oleh Partipost. Bentuk pemasaran yang digunakan adalah marketing campaign, yang bertujuan untuk membangun brand awareness. Untuk mengetahui keberhasilan membangun brand awareness ditentukan dari interaksi atau engagement pada pemasaran yang dilakukan.

Keywords

Marketing Communication; Marketing Mix; Brand Awareness; Marketing Campaign

Full Text:

PDF

References

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Bachtiar Mujaddidi dan Idola Perdini Putri. (2018). Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran Publisher Manikmaya Dalam Mempromosikan Board Game Pada Tahun 2015. Jurnal Komunikasi Bisnis. Vol.5, No.3, pp. 4006-4010

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Laksmi, AA & Oktafani. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Followers Instagram Pada Warunk Upnormal. Jurnal Computech & Bisnis. Vol.10, No.2

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natoradjo, Sulyus. 2011 .Event organizing: Dasar-dasar event management. Jakarta: Kompas Gramedia.

https://teknologi.id/insight/negara-dengan-jumlah-pengguna-aktif-instagram-terbesar/

Suhandang, Kustadi. 2010. Periklanan: Manajemen, Kiat, dan Strategi. Bandung: Nuansa.

Venus, A. (2012). Manajemen kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.