Strategi Promosi Kreatif Wisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung

Yolanda Yovita, Gregorius Genep Sukendro
| Abstract views: 260 | views: 399

Abstract

Industri pariwisata mempunyai peranan penting dalam hal pembangunan negara khususnya berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Daerah. Bangka Belitung merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang memiliki beragam wisata menarik yang dapat ditawarkan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Maka dari itu, pemerintah daerah yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung harus merencanakan berbagai strategi promosi yang menarik. Dengan memanfaatkan berbagai pihak maupun saluran media massa untuk menggambarkan kekayaan pariwisata Bangka, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dapat membentuk strategi-strategi promosi yang kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi kreatif yang dilakukan pemerintah setempat guna mempromosikan wisata di Pulau Bangka. Teori yang digunakan pada penelitian mencakup teori pariwisata, strategi promosi, kreativitas serta keterkaitannya satu sama lain.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, kesimpulan peneliti bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung memang memiliki strategi promosi wisata yang beragam dan menarik namun belum cukup dikatakan kreatif jika dikaitkan dengan teori yang ada. Kreatif itu harus berbeda serta mengikuti perkembangan jaman yang disesuaikan dengan target promosi.

Keywords

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata; Strategi Promosi; Promosi Kreatif; Pulau Bangka

Full Text:

PDF

References

Basu Swastha Dh dan Irawan. (1983). Management Pemasaran Modern, Edisi Dua, Liberty, Yogyakarta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

https://kbbi.web.id/kreativitas (diakses pada 03 November 2018)

Aprilia, R., & Sukendro, G. G. (2018). Strategi Kreatif Promosi Film Danur. Prologia, 1(2), 549-554

Retrieved from

https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/1986

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.