Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS)

Vionita Budiman, Riris Loisa, Nigar Pandrianto
| Abstract views: 581 | views: 598

Abstract

Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk menarik perhatian target audience, adalah dengan menggunakan brand ambassador dalam iklan. Penelitian ini membahas mengenai peran BTS sebagai brand ambassador pada iklan Youtube dalam membangun brand awareness. Dengan banyaknya prestasi dan kepopulerannya yang mendunia, boygroup asal Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan atau yang lebih dikenal dengan nama BTS dipercaya sebagai brand ambassador LG G7 ThinQ dengan harapan mampu menciptakan image baru bagi smartphone LG G7 ThinQ di pasar global. Penggunaan BTS sebagai brand ambassador diharapkan juga dapat membangun kesadaran merek dalam benak target audience. Dalam pemilihan brand ambassador tentunya terdapat atribut yang harus diperhatikan, seperti kecocokan antara profesi brand ambassador dengan brand itu, keahlian dari si brand ambassador itu sendiri. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan internet, brand ambassador dan brand awareness. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa BTS memiliki kecocokan dan memiliki keahlian sebagai brand ambassador dan berperan dalam membangun kesadaran merek LG pada benak para penggemar BTS.

Keywords

Iklan Internet; Brand Ambassador; Brand Awareness

Full Text:

PDF

References

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

LG.com. (2018). Lg Signs International K-Pop Sensation BTS As Global Mobile Ambassadors. , diunduh tanggal 20 September 2018)

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Morissan, (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Jakarta: CV. Pustaka Setia

Putra, M. I. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengguna Line Di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1).

diunduh tanggal 3 Oktober 2018.

Wowkeren.com. (2018). Simak Penuturan Pihak Brand Ternama Ini Atas Meningkatnya Popularitas Produk Mereka Berkat BTS. diunduh pada 3 Desember 2018)

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.