Aktivitas Komunikasi Social Marketing Organisasi Nirlaba Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Tuli (Studi Kasus pada GERKATIN Kepemudaan)

Natalia Natalia, Sinta Paramita, Septia Winduwati
| Abstract views: 299 | views: 286

Abstract

GERKATIN Kepemudaan merupakan organisasi nirlaba yang berdiri untuk menyuarakan persamaan dan kesetaraan orang Tuli dan menjadi wadah bagi orang Tuli untuk dapat berkarya dan mengapresiasikan diri mereka secara luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas komunikasi social marketing yang dilakukan GERKATIN Kepemudaan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan Tuli. Penelitian ini menggunakan konsep social marketing oleh Philip Kotler dengan penerapan 7P (Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Presentation, dan Process). Metodologi dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas social marketing GERKATIN Kepemudaan dilakukan dalam berbagai kegiatan seperti kampanye, pelatihan, workshop, dan festival dengan tujuan mengkomunikasikan bahwa Tuli setara dengan Orang Dengar sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan Orang Tuli. Empat tahapan dalam manajemen social marketing pun sudah dilakukan oleh GERKATIN Kepemudaan dan implementasi social marketing yang dilakukan GERKATIN Kepemudaan dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik.

Keywords

Social Marketing; Kesejahteraan Tuli; Organisasi Nirlaba; GERKATIN Kepemudaan

Full Text:

PDF

References

Adiningtyas, Adella., Aida Vitayala Hubeis & Dwi Retno Hapsari. Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Organisasi Nirlaba Wolrd Wide Fund For Nature — Indonesia. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1 (2), hal. 223-236.

Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: Luxima.

Jovita. (2017). Strategi Komunikasi Penggiat Batik Dalam Membangun Kecintaan Masyarakat Terhadap Batik Tradisional. Skripsi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara.

Kardinan, Sammy Samuel Bartimeus. (2014). Karakteristik Pasien Rawat Inap Otitis Media Akut Di Rumah Sakit Immanuel Bandung Periode Januari - Desember 2013. Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Maranatha.

Octahadi, Balqis Kusuma. (2017). Strategi Kampanye Social Marketing Komunitas Earth Hour Jogja Dalam Kampanye ‘Switch Off’ Dari Tahun 2010-2016. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pudjiastuti, Wahyuni. (2016). Social Marketing: Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rosni. 2017. Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara. Jurnal Geografi (Online), 9 (1), hal. 53-66. (diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo/article/viewFile/6038/5367, pada tanggal 10 November 2018 pukul 16.54 WIB)

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.