Hambatan Rebranding Boyband Dragonboyz dalam Industri Musik di Indonesia

Main Article Content

Lukas Pujianto
Sinta Paramita

Abstract

Penelitian ini berjudul, hambatan rebranding boyband Dragonboyz dalam industri musik di Indonesia. Perubahan merek (rebranding) yaitu merupakan upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau lembaga untukn merubah total atau memperbaharui kembali sebuah brand yang telah ada sebelumnya agar kembali menjadi lebih baik. Kondisi inilah yang dilakukan oleh sebuah grup boyband Dragonboyz yaitu untuk memperbaiki citra atau nama brandnya sendiri sehingga kembali menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tercipta kembali citra positif yang baru dibenak para penikmat musik yang ada terutama pada kalangan pecinta boyband. Namun pada tahap rebranding terdapat hambatan yang mempengaruhi proses rebranding tersebut yang membuat terhentinya proses rebranding boyband Dragonboyz akibat hambatan-hambatan yang dialami selama proses berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengetahui hambatan apa yan timbul dan bagaimana hambatan pada proses rebranding boyband Dragonboyz dalam industri musik itu bisa terjadi, dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan jenis studi kasus. Subjek penelitian pada skripsi ini adalah boyband Dragonboyz. Sedangkan objek penelitian pada skripsi ini adalah hambatan rebranding dalam Industri musik Indonesia.

Article Details

How to Cite
Pujianto, L., & Paramita, S. (2019). Hambatan Rebranding Boyband Dragonboyz dalam Industri Musik di Indonesia. Prologia, 2(2), 415–421. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3721
Section
Articles
Author Biographies

Lukas Pujianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bogdan dan Taylor. (2012). Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J.W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Goi, CL dan Goi, MT, (2011). Review on Models and Reasons of Rebranding, International Conference on Social Science and Humanity. Singapore : Vol.5

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta:

Erlangga

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan,Rosady. (2008). Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Tevi, AC dan Otubanjo, O. (2013). Understanding Corporate Rebranding: An Evolution Theory Perspective, International Journal of Marketing Studies. Vol.5, No.3

Tjiptono, Fandy. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta : Andi Offset Press.