Analisis Penggunaan Label Halal pada Produk Kecantikan Brand Safi dalam Menarik Minat Beli Masyarakat

Main Article Content

Jesslyn Jesslyn
Eko Harry Susanto

Abstract

Di era persaingan yang semakin ketat ini, salah satu cara untuk mendapatkan konsumen yang loyal adalah dengan memuaskan kebutuhan konsumen secara konsisten dari waktu ke waktu. Sama halnya yang harus dilakukan oleh para perusahaan produk kecantikan. Perlu diketahui bahwa 87.2% penduduk Indonesia adalah penganut agama Islam. Hal ini membuat kehalalan produk merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan oleh sejumlah perusahaan. Hal ini tentu mendorong hadirnya produk kecantikan memiliki label halal seperti brand Safi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan label halal pada produk kecantikan brand Safi dalam menarik minat beli masyarakat.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi dalam teori psikologi komunikasi. Adapun teori budaya juga digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dengan perempuan Jakarta yang menggunakan produk kecantikan, studi pustaka dan juga penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat mengalami kesulitan dalam mencari produk yang memiliki label halal, produk kecantikan brand Safi belum terlalu dikenal oleh masyarakat dan penggunaan label halal pada produk kecantikan brand Safi menarik minat beli masyarakat.

Article Details

How to Cite
Jesslyn, J., & Susanto, E. H. (2019). Analisis Penggunaan Label Halal pada Produk Kecantikan Brand Safi dalam Menarik Minat Beli Masyarakat. Prologia, 2(2), 385–391. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3716
Section
Articles
Author Biographies

Jesslyn Jesslyn, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

A. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media

Creswell, J., W. (2012). Research design Pendekatan kualitatif, Kuantitatif dan Mixed; Cetakan ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen. Bandung: Pearson Education Inc.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Moh, Nazir. (2011). Metode Penelitian, Cetakan 6. Bogor : Penerbt Gahlia Indonesia.

Sobur, Alex. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Eko Harry. (2010). Komunikasi Manusia Esensi dan Alikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik. Jakarta : Mitra Wacana Media.