Pengaruh Komunikasi Pemasaran melalui Event dan Iklan terhadap Citra Merek Shopee

Main Article Content

Jacqueline Jacqueline
Suherman Kusniadji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Pemasaran melalui Event dan Iklan terhadap Citra Merek Shopee. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran, event, iklan, e-commerce, dan citra merek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik penelitian yang digunakan adalah non probability dengan pendekatan purposive sampling, responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan normalitas. Analisis data menggunakan koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji T dan uji F. Hasil dari uji koefisien korelasi berganda sebesar 0,861 artinya memiliki hubungan antar variabel sangat kuat, sedangkan pada koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 74,1% citra merek Shopee dipengaruhi oleh event dan iklan. Hasil uji T kedua variabel diketahui bahwa Ha diterima, artinya kegiatan kegiatan event dan iklan secara parsial berpengaruh terhadap citra merek Shopee. Berdasarkan hasil uji F diketahui F tabel (3,09) < F hitung (138,406) maka Ha diterima, artinya variabel event dan iklan secara bersama-sama berpengaruh terhadap citra merek Shopee.

Article Details

How to Cite
Jacqueline, J., & Kusniadji, S. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran melalui Event dan Iklan terhadap Citra Merek Shopee. Prologia, 2(2), 363–370. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3713
Section
Articles
Author Biographies

Jacqueline Jacqueline, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suherman Kusniadji, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Hoyle, Leonard H. (2006). Event Marketing. Jakarta: Penerbit PPM.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Moriarty, Mitchell, Wells. (2009). Advertising Principle and Practice, Eight Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, Uyung. (2007). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://aseanup.com/top-e-commerce-sites-indonesia/