Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting

Main Article Content

Graceica Octavia
Wulan Purnama Sari

Abstract

Memasuki era globalisasi saat ini, setiap orang berlomba-lomba untuk semakin produktif. Didukung dengan semakin berkembangnya media digital sebagai wujud kemajuan teknologi, penggunaan media digital juga dimanfaatkan untuk kepentingan komersial, salah satunya untuk menunjang komunikasi pemasaran. Apabila dahulu hanya perusahaan besar yang mampu melakukan kegiatan komunikasi pemasaran, dengan adanya media digital, perusahaan kecil seperti startup pun bisa melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Seperti hal-nya ST22 Consulting sebagai startup dalam bidang konsultan sponsorship juga bisa melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Penelitian ini ingin melihat bagaimana bentuk komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh ST22 Consulting. Obyek penelitian adalah bentuk komunikasi pemasaran digital dengan subyek penelitian adalah ST22 Consulting sebagai Konsultan Sponshorship . Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan teori yang digunakan ialah teori komunikasi pemasaran, pemasaran digital dan new media, dengan metode penelitian studi kasus. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ST22 Consulting melakukan kegiatan komunikasi pemasaran untuk memasarkan brand ST22Consulting kepada masyarakat, menjalin interaksi, juga mengkomunikasikan produk maupun jasa yang ditawarkan khususnya kepada calon klien dan mitra usaha. ST22 Consulting terlebih dahulu menentukan target audience, lalu meyusun konten dan menentukan media atau saluran komunikasi. Lalu bentuk komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh ST22 Consulting adalah paid media, earned media dan owned media.

Article Details

How to Cite
Octavia, G., & Sari, W. P. (2019). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia, 2(2), 339–346. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3598
Section
Articles
Author Biographies

Graceica Octavia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arjanti, Restituta Ajeng dan Mosal, Reney Lendy. (2012). Startup Indonesia. Buku Kompas.

Chaffey, Dave & Danyl Bossomworth. (2012). 7 Steps to Digital Marketing Strategy.

Flew, T. (2008). New Media: An Introduction. New York: Oxford University Pers.

Joseph, Thomas. (2011). APPS The Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kusniadji, Suherman. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods, (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi UNTAR. <https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1078/833> diunduh tanggal 28 Agustus 2018.

Percy, Larry. (2008). Strategic Intergrated Marketing Communication: Theory and Practice. USA : Elviser Inc.

Mondry, (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soemanagara, Rd. (2008). Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

(http://beta286.print.kompas.com/ muda/2015/01/23/pensi-ajang-pamer/).