Peran Public Relations dalam Memulihkan Reputasi ( Studi Kasus Manajemen Krisis PT Kereta Commuter Indonesia Pasca Perubahan Sistem E-Ticketing)

Ferlita Lourensia, Yugih Setyanto
| Abstract views: 8621 | views: 3013

Abstract

Peran PR sangat erat hubungannya dengan masyarakat, dimana seorang  PR menjadi penghubung antara perusahaan dengan masyarakat terutama ketika sebuah perusahaan mengalami sebuah krisis. Krisis yang terjadi dalam perusahaan dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Dalam penelitian ini membahas tentang peran Public Relations dalam memulihkan reputasi ketika perusahaan mengalami sebuah krisis yaitu perubahan sistem E-Ticketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, data online, studi kepustakaan dan  wawancara dengan Manajer Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia, komunitas pengguna KRL hingga media yang meliput peristiwa krisis yang terjadi di PT KCI. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa Public Relations PT Kereta Commuter Indonesia telah melakukan perannya dengan menjadi penasihat bagi perusahaan dengan memberikan keputusan pengadaan tiket kertas sementara, selain itu PR juga telah berperan dalam memberikan informasi kepada publik lewat media dengan mengadakan konferensi pers.Walaupun Manejemen krisis perusahaan dari sisi operasional masih dalam tahap pengembangan, reputasi perusahaan dalam hal monitoring media sudah menjadi positif karena PT KCI berupaya melakukan kegiatan positif dalam memulihkan reputasi perusahaan.

Keywords

Komunikasi ; Peran PR; Manajemen Krisis; Reputasi

Full Text:

PDF

References

Kriyantono, Rachmat. (2015). Public Relations, Issue & Crisis Management.Jakarta: Prenadamedia Group

Ruslan,Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Anom & Handayani.(2010). Peran PR Menerapkan Manajemen Krisis Dalam Memulihkan Citra PT Garuda Indonesia Pasca Kecelakaan Pesawat Boeing G.737/400 di Yogyakarta” , Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul. http://fikom.weblog.esaunggul.ac.id/tag/jurnal-komunikologi-vol-7-no-1-maret-2010/ diakses pada 17 September 2018 pukul 14.13

Carlina, G., & Paramita, S. (2017). PR Crisis Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 9(1), 81-86. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/211 diakses pada 17 September 2018 pukul 13.24

“Ada Perbaikan Sistem E-Ticketing, Antrean Penumpang Mengular di Stasiun Manggarai”(2018) https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/21/19432601/ada-perbaikan-sistem-e-ticketing-antrean-penumpang-mengular-di-stasiun (diakses pada tanggal 4 Desember 2018)

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.