Analisis Minat Pelanggan Konten Musik Video Pada Channel Youtube Eclat Story

Main Article Content

Andrea Prayoga T.S
Farid Rusdi

Abstract

Munculnya peluang menjadi youtuber membawa trend tersendiri bagi banyak kalangan, yaitu munculnya para creator maupun influencer dalam membuat sebuah konten yang menarik untuk dijadikan sebuah hasil karya yang dapat bermanfaat bagi para pengikutnya. konten yang saat ini menarik perhatian ialah musik video cover. Salah satu konten kreator yang memilih konten musik video yaitu grup band “Eclat Story”. Dalam hal ini, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah yang menjadi minat atau ketertarikan seorang subscriber untuk berlangganan konten youtube Eclat Story. Landasan teoritik yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya ialah media sosial, Youtube, dan minat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini ialah tiga orang narasumber dengan kualifikasi yang telah berlangganan sejak lama konten Youtube Eclat Story yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan tujuan dalam berlangganan konten Youtube Eclat Story. Hasil penelitian bahwa yang menjadi minat dan ketertarikan para subscriber dalam berlangganan dan mengikuti konten-konten Youtube Eclat Story ialah konten musik video yang dibangun Eclat Story memiliki pembeda dan ide-ide konsep yang menarik, hal ini djuga didukung oleh tema yang diambil oleh Eclat sendiri ialah “Music in Movie” yang berarti bahwa dalam setiap pembuatan konten-konten video, Eclat story membuat musik video cover tersebut seperti layaknya sebuah video clip. Hal inilah yang menjadi pendukung ketertarikan para pelangggan dalam berlangganan channel Youtube Eclat story.

Article Details

How to Cite
Prayoga T.S, A., & Rusdi, F. (2019). Analisis Minat Pelanggan Konten Musik Video Pada Channel Youtube Eclat Story. Prologia, 2(2), 243–249. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3583
Section
Articles
Author Biographies

Andrea Prayoga T.S, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Afif. (1987). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Abrar, Ana Nadya. (2003). Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI.

Arens, Richard (2008). Learning to Teach Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Baskoro, Adi. (2009). Panduan Praktis searching di Internet. Jakarta Selatan

Fajar, Laksana, (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Dewney Andrew and Ride Peter. (2006). The New Media Hhandbook. New York: Routledge

Iskandar. (2009). Metedeologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyana, Dedi. (2001). Ilmu Komunikasi, Suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Ruli. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi. Budaya. Dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pawito dan C Sardjono. (1994). Teori-teori komunikasi. Buku pegangan Kuliah Fisipol Komunikasi Massa S1 Semester IV. Surakarta: Uuniversitas Sebelas Maret.

Sulianta, Feri. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yogapratama, David. (2009). Menjadi Seleb Dalam 20 menit Lewat Youtube, Yogyakarta: Mozarta Mediatama.