Pengaruh Strategi Komunikasi melalui Instagram @eventguideindonesia terhadap Minat Masyarakat Datang ke Jakarta Fair

Main Article Content

Brainard Audricson
Ahmad Junaidi

Abstract

The social media is a platform with features that enable people to engage in social activities. Depending on available resources, social interaction can involve message or information exchanges, sharing photos and videos, and other activities. Jakarta Fair Kemayoran is one of the largest, longest, and most comprehensive exhibitions in Southeast Asia. It's held annually at Jakarta Fair Kemayoran. Consumer products, food, entertainment, and art performances are some of the products and services available at this exhibition. Jakarta Fair Kemayoran also leverages social media, especially Instagram, to communicate with the public and visitors. The effect of Jakarta Fair Kemayoran's 2023 communication strategy using the Instagram account @eventguideindonesia as the exhibition's official media partner is being studied. The aim is to determine whether the Instagram account @eventguideindonesia impacts people's desire to visit Jakarta Fair Kemayoran. Persuasive communication theory is being utilized. The author is employing a quantitative approach through the implementation of a survey. Data on research outcomes is obtained through questionnaire distribution to respondents. The study found that communication methods of Instagram account @eventguideindonesia has successfully attracted people's attention to visit Jakarta Fair Kemayoran.


Media sosial adalah platform yang memiliki fitur yang memungkinkan orang untuk terlibat dalam aktivitas sosial. Tergantung pada sumber daya yang tersedia, interaksi sosial dapat mencakup pertukaran pesan atau informasi, pertukaran foto dan video, dan kegiatan lainnya. Jakarta Fair Kemayoran adalah salah satu pameran terbesar, terpanjang, dan terlengkap di Asia Tenggara. Pameran yang diadakan setiap tahunnya di Jakarta Fair Kemayoran.Produk konsumen, makanan, hiburan, dan pertunjukan seni adalah beberapa produk dan layanan yang ada di pameran ini. Jakarta Fair Kemayoran juga menggunakan media sosial, terutama Instagram, untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan pengunjung. efek dari strategi komunikasi Jakarta Fair Kemayoran tahun 2023 yang menggunakan akun Instagram @eventguideindonesia sebagai mitra media resmi pameran. Studi ini bertujuan untuk menentukan apakah akun Instagram @eventguideindonesia berdampak pada keinginan orang untuk mengunjungi Jakarta Fair Kemayoran. Teori komunikasi persuasif digunakan. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif melalui pelaksanaan survei. Melalui penyebaran kuesioner kepada responden, data tentang hasil penelitian diperoleh. Studi tersebut menemukan bahwa metode komunikasi melalui akun Instagram @eventguideindonesia berhasil menarik perhatian orang untuk datang ke Jakarta Fair Kemayoran.

Article Details

How to Cite
Audricson, B., & Junaidi, A. (2025). Pengaruh Strategi Komunikasi melalui Instagram @eventguideindonesia terhadap Minat Masyarakat Datang ke Jakarta Fair. Prologia, 9(2), 408–414. https://doi.org/10.24912/pr.v9i2.35351
Section
Articles

References

Mahdi, M. I., & Bayu, D. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia- capai-191-juta-pada-2022

Marliani. L., Fatin. M. N. A., Kusriani. H., Sulaeman. A., & Kaniawati. M. (2021). Peningkatan pengetahuan dan minat masyarakat terhadap produk herbal dalam menghadapi covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2) 208-214. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4591

Nasrullah, R. (2016). Media sosial perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Priselie. A. E., & Paramita. S. (2022). Strategi komunikasi digital influencer dalam menggunakan media sosial instagram sebagai media fundraising. Prologia, 6(1) 163-170

Paramesti. A., & Setyanto. Y. (2022). Strategi komunikasi PT indofarma Tbk dalam membangun kepercayaan konsumen di masa pandemi. Kiwari Untar, 1(1) https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15508

Raphael. A. J., & Farid. (2022). Pengaruh strategi komunikasi sepatu compass di masa pandemi covid-19 terhadap minat beli masyarakat. Kiwari, 1(3) 480-485.

Rachmawati, I. (n.d.). Strategi komunikator dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan air minum pdam kota sukabumi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi

Susanto, A. S., & Setyanto, Y. (2020). Strategi public relations smartspin pr dalam membangun brand image klien (studi pada re:on comics). Prologia, 3(2), 320–326. https://journal.untar.ac.id/index.php /prologia /article/view/6349 Siregar. (2015). Metode Penelitian Kuantitati/ Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif. kualitatif dan red). Bandung: Alfabeta

Sujarweni, W. V. (2014). Metodologi penelitian, 3(4), 1-200.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.