Analisis Regresi Kecerdasan Emosional terhadap Gaya Kepemimpinan pada Mahasiswa yang Berorganisasi

Main Article Content

Regita Emelia Cahyani
Wulan Purnama Sari

Abstract

The ability to identify and control emotions is referred to as emotional intelligence, which is crucial for building interpersonal relationships and influencing leadership styles. The aim of this study is to explore the impact of leadership styles among students actively participating in organisations are influenced by emotional intelligence. The study investigates the connection between leadership styles and emotional intelligence using a quantitative methodology and basic linear regression analysis. The four components of emotional intelligence are: Self-Emotion Appraisal (the capacity to identify one's own feelings), Others' Emotion Appraisal (the capacity to comprehend others' feelings), Use of Emotion (utilizing emotions in decision-making), and Regulation of Emotion (managing emotions). The leadership styles analyzed include democratic, authoritarian, and laissez-faire styles. To collect data, students were asked to fill out questionnaires. Based on the results of the regression analysis, emotional intelligence has a 6.9% impact on leadership style, showing a coefficient of determination (R²) of 0.069. The two variables indeed have a relationship, but it is not very strong, indicating that other characteristics, including organisational experience, might be more important. Therefore, the development of emotional intelligence should be complemented by enhancing communication skills and other aspects that support effective leadership.


Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan untuk memahami dan mengatur emosi, yang sangat vital dalam menjalin hubungan interpersonal dan memengaruhi gaya kepemimpinan. Penelitian ini mengkaji pengaruh kecerdasan emosional terhadap gaya kepemimpinan di kalangan mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Dengan memanfaatkan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis regresi linear sederhana, studi ini berfokus pada hubungan antara kecerdasan emosional dan gaya kepemimpinan. Kecerdasan emosional didefinisikan melalui empat dimensi utama: Kemampuan Mengenali Emosi Diri (kesadaran terhadap emosi pribadi), Kemampuan Memahami Emosi Orang Lain (memahami emosi orang lain), Pemanfaatan Emosi (menggunakan emosi dalam proses pengambilan keputusan), dan Pengendalian Emosi (mengelola emosi secara efektif). Gaya kepemimpinan yang dianalisis mencakup gaya demokratis, otoriter, dan laissez-faire. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis regresi, koefisien determinasi (R²) sebesar 0,069 mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional memberikan pengaruh sebesar 6,9% terhadap gaya kepemimpinan. Meskipun terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut, pengaruhnya tergolong rendah, menunjukkan bahwa faktor lain seperti pengalaman organisasi mungkin memiliki peranan yang lebih besar. Oleh karena itu, pengembangan kecerdasan emosional harus diimbangi dengan peningkatan keterampilan komunikasi dan elemen lain yang mendukung efektivitas kepemimpinan.

Article Details

How to Cite
Cahyani, R. E., & Sari, W. P. (2025). Analisis Regresi Kecerdasan Emosional terhadap Gaya Kepemimpinan pada Mahasiswa yang Berorganisasi. Prologia, 9(2), 468–477. https://doi.org/10.24912/pr.v9i2.33416
Section
Articles
Author Biographies

Regita Emelia Cahyani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aisyah, S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otokratis, Demokratis, dan Bebas Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Berau. Jurnal EMBA, 2, 38–47. http://repository.umberau.ac.id/id/eprint/77/1/SITI AISYAH 18610128 .pdf

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Bantam, D. J., Nazhfia, N. L., Anggraeni, S. T., & Thaharah, A. (2024). Pemahaman Tentang Praktik Kepemimpinan Dalam Organisasi Kemahasiswaan: Studi Kualitatif Tentang Pengalaman Dan Persepsi Pemimpin Organisasi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Keilmuan Mandira Cendikia, 2(9), 72–79.

Basaria, D. (2019). Gambaran Kecerdasan Emosi pada Remaja di Pulau Jawa dan Bali. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 83. https://doi.org/10.24912/provitae.v12i1.5055

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Damayanti, P. S., Putra, A., & Srirahmawati, I. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 348–356. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5992

Fauzi, A. A., & Pahlevi, T. (2020). Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 449–457. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p449-457

Hakim, G., Raisian, A., & Molfi, I. I. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Mengembangkan Potensi Non-Akademik di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(12), 2024–2055.

Herlinda. (2019). Kompetensi Kepemimpinan Global Dalam Konteks Komunikasi Organisasi. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i1.1981

Irkham, M. (2016). Kecerdasan Emosi Membentuk Pemimpin Efektif. In Kecerdasan Emosional Membentuk Pemimpin Efektif. https://siwi.lan.go.id/rumahcerdas/artikel/unduh/7

Jovanka Sirait, A., & Siahaan, C. (2020). Peran Organisasi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Action Research Literate, 4(2). https://doi.org/10.46799/arl.v4i2.7

Kasman Kasman, Nur Paridah, Juli Annisa Nasution, & Apsah Apsah. (2024). Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik Di MTS Negari 4 Mandailing Natal. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(3), 77–83. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i3.632

Khodijah, S., Nurajizah, S., & Irham, I. (2024). Kontribusi Organisasi Terhadap Pendidikan Karakter dan Kesiapan Profesional Mahasiswa. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(3), 1773. https://doi.org/10.35931/aq.v18i3.3439

Kustanto, H., Muazza, M., & Haryanto, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1742

Kyra, A., & Winduwati, S. (2024). Gaya Kepemimpinan Perempuan Pemimpin dalam Membangun Reputasi Perusahaan Mentari Group. Koneksi, 8(1), 245–253. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27672

Maretha, W., Siahaan, A. L., & Sitorus, D. P. M. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa FKIP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7150–7158. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.4005

Maulina, V., Al Musadieq, M., & Nurtjahjono, G. E. (2016). Pengaruh Budaya Terhadap Kepemimpinan dan Kinerja (Studi pada Karyawan PT Bo Kyung, Beji-Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 35(2), 122–126.

Rahayu, D., & Hikmah Perkasa, D. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Lintas Budaya Ekspatriat Dalam Memimpin Perusahaan: Literatur Review. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 6(2), 16–32. https://doi.org/10.51353/jmbm.v6i2.958

Rahmadina, H. (2015). Rumus Lemeshow. Jurnal Sesiomadika, 2(1).

Sanga, L. P. L., & Natalia Sibarani, E. (2017). Peran Organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Calon Guru Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 259–264. https://doi.org/10.24114/jpkim.v9i1.6190

Sudharta, V. A. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 208–217. https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p208

Sugiyono. (2017). Uji Statistik t data hipotesis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.