Peran Interaksi Simbolik dalam Penjualan Produk melalui Live Streaming TikTok (Studi pada Host Gen Z)

Main Article Content

Silvia Lukmanto
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

This study was conducted so that many people better understand how a Gen Z host can be more engaged with customers while meeting sales targets when live streaming. Live Streaming is the right medium for selling because nowadays platforms like TikTok are very popular. Therefore, many business people sell on TikTok. Gen Z itself basically has a unique communication language such as the use of slang, funny humor, and spontaneous interactions that actually make the audience interested. This study uses a qualitative method where later the data will be obtained through in-depth interviews with 2 live streaming hosts. By interviewing live TikTok or Shopee hosts directly, information about Gen Z's communication style and personality style can be studied more deeply. The results of the study show that the characteristics of Gen Z who use slang and personal interactions are able to build closer relationships with the audience accompanied by increased engagement.


Penelitian ini dilakukan agar banyak orang lebih paham bagaimana seorang host Gen Z bisa lebih engage dengan customer sekaligus memenuhi target penjualan ketika live streaming. Live Streaming merupakan sarana yang tepat untuk berjualan karena di masa kini platform seperti Tiktok sangatlah populer. Maka dari itu, banyak pelaku bisnis yang berjualan di Tiktok. Gen Z sendiri pada dasarnya memiliki bahasa komunikasi yang unik seperti penggunaan bahasa gaul, humor-humor lucu, dan interaksi spontan yang justru membuat audiens tertarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana nanti data akan diperoleh melalui wawancara mendalam dengan dua host live streaming. Dengan mewawancarai host live tiktok ataupun Shopee secara langsung, maka informasi mengenai gaya komunikasi dan gaya kepribadian Gen Z akan menjadi lebih bisa diteliti lebih dalam lagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik Gen Z yang menggunakan bahasa gaul dan interaksi personal mampu membangun relasi yang lebih dekat dengan audiens disertai juga oleh peningkatan engagement.

Article Details

How to Cite
Lukmanto, S., & Pribadi, M. A. (2025). Peran Interaksi Simbolik dalam Penjualan Produk melalui Live Streaming TikTok (Studi pada Host Gen Z). Prologia, 9(2), 347–355. https://doi.org/10.24912/pr.v9i2.33206
Section
Articles

References

As’syafa, S. M. T., Hasnakusumah, R. T., & Nugroho, A. A. (2024). Restrukturisasi Peraturan Perizinan Social-Commerce Di Indonesi (Studi Kasus E-Commercetiktok Shop Setelah Merger Bersama Tokopedia Terhadap Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023). Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 5(1).

Derung, T. N. (2017). Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(1). https://doi.org/10.53544/sapa.v2i1.33

Hajli, N. (2015). Social Commerce and Consumer’s Intention to Buy Questionnaire. International Journal of Inform, 35(2).

Hasim, H., & Sherlina, L. (2022). Tiktok Social Media as a Means of Small and Medium Business Promotion. Journal Of World Science, 1(1). https://doi.org/10.36418/jws.v1i1.1

Khoiroh, U. (2017). Instagram Sebagai Media Interaksi Simbolik Dalam Menciptakan Gaya Hidup (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Fitur pada Konsumen Secret Garden Coffee & Chocolate Yogyakarta).

Marrufo, S. (2022). A Comprehensive Strategic Guide on How to Successfully Market to Generation Z on TikTok: Applied Capstone Project. ELSEVIER.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3). https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia.

Olgum, G., & Gülova, A. A. (2023). Digitalization and generation Z: Advantages and disadvantages of digitalization. In Two Faces of Digital Transformation: Technological Opportunities versus Social Threats. https://doi.org/10.1108/978-1-83753-096-020231003

P., J., & J., A. (2022). Perceived Popularity of TikTok among Gen-Z. CARDIOMETRY, 24. https://doi.org/10.18137/cardiometry.2022.24.896902

Suwandi, & Hadi, R. (2023). Pelaksanan Manajemen Kampus Merdeka di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).

Tomohardjo, I., Kuswarno, E., & Hadisiwi, R. (2019). Identifying the Pattern of Organizational Culture in Indonesian Government Agencies. https://doi.org/10.2991/icpc-18.2019.12

Yin, R. K. (2014). Studi Kasus Desain & Metode. Rajawali Pers.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.