Analisis Gaya Hidup Shoppertainment Melalui Shopee Live

Main Article Content

Visca Montera
Sisca Aulia

Abstract

The increasingly rapid advances in technology, especially in the marketing sector, have brought a new lifestyle for young adults in satisfying their daily needs. Active media users, especially young adults, have an active role in choosing media that has the most influence in satisfying needs, therefore this research uses the Uses and Gratification theory. The purpose of this research is to analyze whether Shopee Live can bring a new lifestyle of shopping through Shopee Live for young adults. This research uses several supporting concepts, namely Marketing Communication, Uses and Gratification Theory, E-commerce and Shoppertainment. The author uses a case study method by looking at what happens directly in the field. The subjects of this research are young adults who do shoppertainment as a means of entertainment and shopping through live shopping, while the object of this research is live shopping activities through Shopee. The data that the author used in the research was through interviews, observation, documentation and literature study. The research results show that with the development of modern technology, young adults are using new styles to support their daily needs, namely using the online shopping media Shopee with new developments such as Shopee Live which has become a means of entertainment and a new shopping style, namely Shoppertainment.


Adanya kemajuan teknologi yang semakin cepat khususnya pada bidang pemasaran membawa gaya hidup baru bagi dewasa muda dalam memuaskan kebutuhan sehari – hari. Para pengguna aktif media khususnya dewasa muda memiliki peran aktif dalam memilih media yang paling memiliki pengaruh sebagai pemuas kebutuhan oleh karena itu penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis adanya Shopee Live dapat membawa gaya hidup baru berbelanja melalui Shopee Live bagi dewasa muda. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep penunjang yaitu Komunikasi Pemasaran, Teori Uses and Gratificaton, E–commerce dan Shoppertainment. Penulis menggunakan metode studi kasus dengan melihat apa yang terjadi secara langsung di lapangan. Subjek penelitian ini adalah para dewasa muda yang melakukan Shoppertainment sebagai sarana hiburan dan belanja melalui live shopping sedangkan untuk objek dari penelitian ini adalah kegiatan live shopping melalui Shopee. Data yang penulis lakukan dalam penelitian melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi yang modern, membuat dewasa muda menggunakan gaya baru dalam menunjang kebutuhan sehari – hari yaitu menggunakan media belanja online Shopee dengan perkembangan baru seperti Shopee Live yang menjadikan sebagai sarana hiburan dan gaya belanja baru yaitu Shoppertainment.

Article Details

How to Cite
Montera, V., & Aulia, S. (2024). Analisis Gaya Hidup Shoppertainment Melalui Shopee Live. Prologia, 8(2), 363–371. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27621
Section
Articles
Author Biographies

Visca Montera, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sisca Aulia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aini, F., Maulidiyah, R., & Firdaus Hidayanto, M. (2022). Pengaruh gaya hidup dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. Online) JURNAL MANAJEMEN, 14(1), 2022–2083. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10638

Anastasia, M., & Adriana, E. (2023). Pengaruh Shoppertainment Terhadap Keputusan Pembelian Pada Media Sosial TikTok. 1(2), 242–255. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i2.252

Aulia, S. (2023). PAYLATER, MEMBELI GAYA HIDUP MASA DEPAN. PT Gramedia Pustaka Utama.

Isnaini, M. (2023). BAB II KAJIAN TEORITIK 2.1 Penelitian Relevan. https://repository.unja.ac.id

Rahma, I. (2020). BAB 2. Article, 1–25. https://repository.iainpare.ac.id

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Sari, W. (2022). BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1. Landasan Teori 2.1.1. E-commerce. https://repository.stei.ac.id

Susanto, D., Jailani, Ms., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Waziana, W., Herdiyan Saputra, R., Yolanda Sari, N., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis (Vol. 1, Issue 2).