Strategi Komunikasi Sales Marketing PT. Acon Indonesia dalam Melakukan Negosiasi Transaksi Bata Ringan

Main Article Content

Angelline Tiovannie
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

In today’s era, development always runs everyday, wherever and whenever. PT. ACON Indonesia is a manufacture company engaged in lightweight bricks. PT. ACON Indonesia need sales marketing to handle its customers. sales marketing PT. ACON Indonesia needs a communication strategy in negotiating light bricks with customers. The purpose of this study is to determine the communication strategy used by sales marketing PT. ACON Indonesia in negotiating and to fing out the obstacles to sales marketing. Researchers use qualitative methods by observation, interviews, literature studies, and documentation studies. The result of this study use several theories, namely Interpersonal Communication, Negotiation, Strategic Planning Communcation, Marketing Communication, and sales marketing. The research results show that the sales marketing of PT. ACON Indonesia will study of product, understand the needs of the target audience or customers, research the market, serve customers well and utilize Whatsapp (communication application) and Tokopedia (digital transaction platform) as a strategy to negotiate with customers.


Di era sekarang pembangunan selalu berjalan setiap harinya, dimanapun dan kapanpun. PT. ACON Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang bata ringan. PT. ACON Indonesia membutuhkan sales marketing untuk menangani pelanggan nya. sales marketing PT. ACON Indonesia membutuhkan strategi komunikasi dalam melakukan negosiasi bata ringan kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan sales marketing PT. ACON Indonesia dalam proses negosiasi dan untuk mengidentifikasi kendala-kendala dalam pemasaran penjualan. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu Komunikasi Interpersonal, Negosiasi, Strategi Perencanaan, Komunikasi Pemasaran dan sales marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales marketing PT. ACON Indonesia akan mempelajari produk, memahami kebutuhan target audiens atau pelanggan, meriset pasar, melayani pelanggan dengan baik dan memanfaatkan Whatsapp (aplikasi komunikasi) dan Tokopedia (platform transaksi digital) sebagai strategi yang dilakukan untuk bernegosiasi dengan pelanggan. 

Article Details

How to Cite
Tiovannie, A., & Pribadi, M. A. (2024). Strategi Komunikasi Sales Marketing PT. Acon Indonesia dalam Melakukan Negosiasi Transaksi Bata Ringan. Prologia, 8(1), 124–133. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.27561
Section
Articles

References

Aprilia, N. (2019). Analisis Penggunaan Fintech Sebagai Metode Pembayaran Studi Kasus UMKM Bidang Kuliner di Taman Solo Cempaka Putih Jakarta Pusat. In Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI). http://repository.stei.ac.id/6785/

Kosim, A., & Loisa, R. (2022). Analisis Perencanaan Komunikasi Pemasaran Content Creator di Instagram. Prologia, 7(2), 269–276. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21354

Majid, I. N. (2019). Implementasi Permendikbud No. 63 Tahun 2014 Tentang Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib Dalam Upaya Bela Negara Siswa : Studi Deskriptif di SMPN 1 Samarang Kabupaten Garut. http://repository.upi.edu

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. INERSIA Lnformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/INERSIA.V16I1.31319

Ramdani, A. M. (2015). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikampundung Bagian Hulu Dalam Usaha Pelestarian Sumber Daya Air. http://repository.upi.edu

Sandewi, C. J. (2018). Strategi Kampanye Politik Tim Pemenangan Pasangan Calon Hasanuddin – Anton Amanah (Hasanah)(Studi Kasus Kampanye Politik Dalam Penggunaan Media Sosial Twitter Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018). http://elibrary.unikom.ac.id

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 2(1), 90–95. https://doi.org/10.37715/JP.V2I1.441

Vincent, K., & Pribadi, M. A. (2021). Perencanaan Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi (Studi Kasus Interaksi Simbolik Hann Prawira Fotografi). Prologia, 5(2), 242–246. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10151

Zunitasari, N. (2020). Analisis Penerapan Enviromental Management Accounting (EMA) Sebagai Bentuk Eko-Efisiensi Pada UD As-Salamah. https://repository.stiedewantara.ac.id