Pengaruh Komunikasi Pemasaran Film Barbie Live Action 2023 terhadap Minat Beli Masyarakat

Main Article Content

Sanny Clarista Hardi
Ahmad Junaidi

Abstract

Marketing communications is an effort to deliver messages to consumers or the public as sales targets regarding the presence of a product or service on the market. Marketing communications has an important role for a marketer. Without communication, the public and consumers in general will not know about the presence of products or services on the market. Mattel revealed that most of the expenses spent on making the film were for marketing by collaborating with clothing, bag, food and drink brands, organizing events, and opening the Barbie Dreamhouse. Seeing this, the author is interested in analyzing the influence of marketing communications for the Barbie film on audience interest. Purchase interest or consumer interest is the attitude of interest of a consumer and also the stage of a company to convince consumers through price, quality, service. This research uses quantitative methods and utilizes questionnaires to obtain a sample of 100 respondents. Sample results will be accumulated or calculated using the SPSS for Windows application. The results of calculations through tests and analysis that have been carried out conclude that marketing communications have a positive and significant influence on the buying interest of Barbie film viewers. The higher the level of the marketing communication variable, the higher the purchasing interest variable.


Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menggiring pesan kepada konsumen atau publik sebagai sasaran penjualan mengenai kehadiran sebuah produk atau jasa di pasaran. Komunikasi pemasaran mempunyai peran krusial bagi seorang marketing. Tanpa adanya komunikasi masyarakat maupun kosumen secara umum tidak akan mengetahui kehadiran produk atau jasa dipasaran. Mattel mengungkapkan bahwa sebagian besar pengeluaran yang dihabiskan dari pembuatan film tersebut adalah untuk pemasaran dengan berkolaborasi bersama merek pakaian, tas, makanan, dan minuman, menyelenggarakan acara – acara, hingga pembukaan Barbie Dreamhouse. Melihat ini penulis tertarik untuk menganalisis mengenai pengaruh komunikasi pemasaran film Barbie terhadap minat beli.  Minat beli atau minat konsumen adalah sikap ketertarikan dari seorang konsumen dan juga tahap sebuah perusahaan untuk meyakinkan konsumen melalui harga, kualitas, layanan.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan memanfaatkan kuesioner untuk memperoleh sampel sebanyak 100 responden. Hasil sampel akan diakumulasikan atau dihitung menggunakan aplikasi SPSS for windows. Hasil dari perhitungan melalui uji dan analisis yang telah dilakukan memberi kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli para penonton film Barbie. Semakin tinggi tingkat variabel komunikasi pemasaran maka akan semakin tinggi pula variabel minat beli.

Article Details

How to Cite
Hardi, S. C., & Junaidi, A. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Film Barbie Live Action 2023 terhadap Minat Beli Masyarakat. Prologia, 8(1), 116–123. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.27556
Section
Articles

References

Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete: dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Universitas Diponegoro.

Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia Grafika.

Jonathan, G., & Setyanto, Y. (n.d.). View of Pengaruh Komunikasi Pemasaran Produk melalui Instagram @Anakjajan terhadap Perilaku Followers. Retrieved December 12, 2023, from https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10251/9508

Mulyono. (2019, December 2). Analisis Regresi Sederhana – Management. Binus. https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-regresi-sederhana/

Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP INDONESIA (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 10(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif / Prof. Dr. Sugiyono (1st ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D / Sugiyono. Alfabeta.