Analisis Peran Public Relations Dalam Menghadapi Persaingan di Industri Sepatu Di Indonesia (Studi Pada PT. Sepatu Bata, Tbk.)

Lolita Septiana, Yugih Setyanto
| Abstract views: 358

Abstract

PT. Sepatu Bata, Tbk didirikan di Indonesia pada tahun 1939, selama kurang lebih 79 tahun memasuki pasar bisnis mampu membuat PT. Sepatu Bata di kenal di berbagai kalangan konsumen dan menghadapi perkembangan persaingan usaha dalam industri alas kaki dan keberadaan public Relationsmembantu perusahaan dalam menghadapi persaingan usaha tersebut yang semakin berkembang dan untuk memastikan bahwa usaha public relationsini harus mendukung pencapaian misi dan sasaran perusahaan secara keseluruhan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana cara perusahaan menghadapi persaingan di industri sepatu yang ada di Indonesia,Mengetahui bagaimana peranan Public Relations PT. Sepatu Bata, Tbk dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Kualitatif, dengan menggunakan metode Studi Kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, keperpustakaan, internet, dan dokumen.Informan dalam penelitian ini adalah Corporate Secretary PT. Sepatu Bata, Tbk dan divisi marketing PT. Sepatu Bata, Tbk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peranan Public Relations yang dilakukan oleh Corporate Secretary dalam menghadapi persaingan adalah dengan membangun dan menjalin hubungan yang baik terhadap masyarakat, pemerintah, maupun pemegang saham dan strategi spesifik dalam menghadapi persaingan dilakukan oleh Marketing PT. Sepatu Bata, Tbk, yaitu dengan melakukan promosi menggunakan sosial media.  

Keywords

public relations; membangun hubungan yang baik; peranan dan strategi

References

Jeffkins, Frank. (2003). Public Relations, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Kusniadji, Suherman. (2017). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi.

Kusumastuti, Frida. (2004). Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moleong, J. Lexy. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Morissan. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.