Pengaruh Terpaan Media pada Film Susah Sinyal Terhadap Keputusan Berwisata ke Pulau Sumba

Maria Maria, Widayatmoko Widayatmoko
| Abstract views: 507

Abstract

Film mempunyai kekuatan yang besar dalam mempengaruhi khalayak. Penonton yang melihat tampilan lokasi pada layartergerak untuk pergi ke lokasi yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh dari terpaan media pada film Susah Sinyal terhadap keputusan berwisata ke Pulau Sumba. Mеnurut Rosеngrеn (dalam Rakhmat, 2009), tеrpaan mеdia dapat diukur mеlalui tiga hal yaitu frekuensi, durasi, dan atensi. Proses pengambilan keputusan seorang wisatawan melalui lima fase (Pitana dan Gayatri, 2005), yaitu (1) kebutuhan atau keinginan melakukan perjalanan, (2) pencarian dan penilaian informasi, (3) keputusan melakukan perjalanan wisata, (4) persiapan perjalanan dan pengalaman wisata, dan (5) evaluasi kepuasan perjalanan wisata. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner ke 69 followers Instagram @thelensofntt. Dari penelitian ini diperoleh hasil regresi linear sederhanaY = 9,376 + 0,662X, serta nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.01. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan media pada film Susah Sinyal terhadap keputusan berwisata ke Pulau Sumba.

Keywords

film; keputusan berwisata,; terpaan media

References

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2014). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pitana, I Gde & Putu G Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Rakhmat, Jalaludin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rivers, W.L, J.W Jensen, dan T. Peterson. (2008). Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana.

Widayatmoko. (2013). Pengaruh Komitmen Normatif Terhadap Tanggapan Discretionary Mahasiswa Fikom Universitas Tarumanagara. Jurnal Penelitian, Pengembangan Ilmu Manajemen dan Akuntansi. 7. 8. [accessed Jun 19 2018].

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.