Analisis Faktor-Faktor Brand Identity Produk Samsung Pada Kalangan Remaja Di Jakarta

Messy Stella Fabiola, Wulan Purnama Sari
| Abstract views: 210

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat terlepas dari komunikasi. Komunikasi tidak hanya terjalin secara individu, melainkan juga berkelompok. Komunikasi kelompok terjalin erat di perusahaan, dimana dari komunikasi tersebut dapat menciptakan komunikasi bisnis. Berkembangnya IPTEK membuat masyarakat membutuhkan alat komunikasi yang cepat dan tanpa batasan. Semua merek smartphone yang ada di Indonesia saling bersaing menjadi yang terdepan, salah satunya Samsung. Samsung berhasil menjadi top brand 4 kali berturut-turut. Berdasarkan identifikasi masalah yang telah disebutkan sebelumnya,  tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa dan bagaimana gambaran brand identity produk Samsung pada kalangan remaja di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif analisis deskriptif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah Samsung telah berhasil membangun brand identitynya sehingga banyak responden yang mengetahui dan mengenal merek Samsung. Hasil paling memuaskan yang Samsung dapatkan adalah masyarakat sangat mengenal Samsung dari segi nama dan logonya. Simpulan dari penelitian ini adalah brand identity yang paling melekat pada masyarakat adalah indikator nama, nama Samsung memiliki identitas merek yang paling kuat dibandingkan dengan indikator lain. Berdasarkan hasil korespondensi sebanyak 100 responden, remaja Jakarta mengetahui brand Samsung dengan nilai mean 58,33% dan modus dengan angka 5 (responden sangat setuju) yang berarti remaja Jakarta mengetahui identitas merek Samsung.

Keywords

identitas merek; komunikasi bisnis; remaja

References

Agustinus. Pengguna Internet di Indonesia Tembus 143 Juta. http://m.liputan6.com/tekno/read/3301353/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-143-juta diunduh pada 23 Februari 2018.

Andi M Sadat, (2009), Brand Relief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan, PT. Salemba Empat, Jakarta.

Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manejemen (3 In 1). Kebumen: Mediatera.

Ghodeswar, B. M. (2008). Building Brand Identity in Competitive Markets. Journal of Product & Brand Management, 17(1), 4-12.

Kasiram, Mohammad. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.

Mahdalena Lubis, Leila Mona Ganiem, (2017), Pencapaian Brand Corporate Melalui Brand Activation Pendekatan Experiential Marketing (Studi Kasus Laboratorium Klinik).

(https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/457/638), diakses pada 24 juni 2018.

Ruslan, Rosady. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada (Rajawali Pers).

Setyanto, Yugih, (2017). Branding yang dilakukan Humas Pada Perguruan Tinggi Swasta. (http://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/347/288) diakses pada 24 Juni 2018.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata. (2008). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Williams, B.K. and Sawyer, S.C. 2011. “Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications. (9th edition)”. New York: McGraw-Hill.

(https://www.bps.go.id/statictable/2015/09/14/1839/jumlah-perguruan-tinggi-mahasiswa-dan- tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementrian-pendidikan-dan- kebudayaan-menurut-provinsi-2013-2014-2014-2015.html), diakses pada 23 Februari 2018.

(https://www.google.com/search?biw=1366&bih=693&tbm=isch&sa=1&ei=0FBDW9HmJYnsvgSF-rbYDQ&q=logo+samsung&oq=logo+samsung&gs_l=img.3..35i39k1j0l9.38146.39621.0.39813.12.9.0.0.0.0.269.1322.0j2j4.6.0....0...1c.1.64.img..7.5.1109....0.1FOkImTuLxs#imgrc=uhrJ3jCcMV5zBM:) diakses pada 6 Juli 2018.

(https://www.google.com/search?client=firefox-b-ab&biw=1366&bih=693&tbm=isch&sa=1&ei=WXREW-HFO8_0rQHL05og&q=kemasan+kotak+smartphone+samsung&oq=kemasan+kotak+smartphone+samsung&gs_l=img.3...45649.57864.0.58085.42.27.0.0.0.0.157.157.0j1.1.0....0...1c.1.64.img..41.0.0....0.OedbS1n-Itg#imgrc=KjBs1zgDx1i4vM:) diakses pada 6 Juli 2018.

(www.samsung.com/id/) diakses pada 6 Juli 2018

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.