Analisis Proses Komunikasi Toko Garage Moving Terhadap Pelanggan Melalui Tokopedia

Karina Rizki Shetianto, Yugih Setyanto
| Abstract views: 117

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses komunikasi yang terjadi antara penjual dengan pelanggan Toko Garage Moving. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode  deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi partisipatif terhadap komunikasi yang dilakukan oleh penjual dan pelanggan Toko Garage Moving berserta hasil wawancara. Sedangkan data sekunder berupa data atau informasi yang diperoleh dari buku, jurnal, dan internet yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa proses komunikasi yang terjadi antara penjual dan pembeli Toko Garage Moving telah melibatkan lima unsur proses komunikasi yakni komunikator, pesan, komunikan, media, dan efek. Hal ini sesuai dengan teori proses komunikasi yang dipaparkan oleh Harold D. Laswell. Dalam pelaksanaannya Tokopedia membantu Toko Garage Moving untuk berkomunikasi dengan pelanggannya, sehingga proses komunikasi dapat berjalan dengan baik dan memuaskan. Terbukti dengan hasil percakapan antara Toko Garage Moving dengan pelanggannya, yang memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya, sehingga dapat melakukan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Berarti penyampaian pesan oleh komunikator kepada receiver berjalan dengan baik meskipun ada beberapa halangan (noise) seperti, pemahaman pesan, waktu menanggapi pesan dan kecepatan dalam membalas pesan.

Keywords

pelanggan; penjual; proses komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2008). Sosiologi komunikasi: teori, paradigma, dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana

Cangara, Hafied. (2016). Pengantar ilmu komunikasi. Edisi kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Hidayat, Taufik. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta: Media Kita

https://www.communicationtheory.org/lasswells-model/

https://www.kemenkeu.go.id/media/7242/media-keuangan-maret-2018-2.pdf

https://www.kominfo.go.id/content/detail/6861/program-prioritas-tata-kelola-internet/0/pp_internet

Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: PT Kencana Perdana

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi serba ada serba makna. Jakarta: Kencana

Maryno, Y. dan B. Patmi Istiana. (2008). Teknologi informasi & komunikasi 3. Bogor: Quadra

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morrisan. (2010). Periklanan: komunikasi pemasaran terpadu.

Jakarta: Prenadamedia Group

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurjaman, Kadar, dan Khaerul Umam. (2012). Komunikasi & public relation. Bandung: CV Pustaka Setia

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia

Purwanto, Djoko (2011). Komunikasi bisnis. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga

Sarwono, Jonathan. (2008). Teori e-commerce. Bandung: Gava Media

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanto. (2017). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi

Verderber, Rudolph F, dan Katheleen S. Verderber. (2008). Communicate!. 12th edition. Belmont : Thomson Higher Education

West, Richard, dan Lynn H. Turner. (2012). Pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi. Edisi 3 buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.