Analisis Pengaruh Brand Trust dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wine di Cork & Screw Jakarta

Inez Febby, Rezi Erdiansyah
| Abstract views: 221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kepercayaan merek melalui media website terhadap keputusan pembelian. Untuk melakukan penelitian dalam menyelesaikan tugas akhir/skripsi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Cork & Screw yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 100 responden. Teknik pengumpulan data studi lapangan dengan kuesioner, studi kepustakaan dengan buku-buku. Teknik analisis data dengan uji statistik deskriptif, korelasi, regresi, uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis t dengan bantuan program statistik spss 20. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,648 artinya hubungan kepercayaan merek dan promosi terhadap keputusan pembelian wine adalah kuat. Sedangkan nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 0,420 menunjukkan bahwa 42% keputusan pembelian wine sangat dipengaruhi oleh kepercayaan merek dan promosi sementara sisanya (100-42 = 58%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.  

Keywords

brand trust; keputusan pembelian; promosi

References

Agung, Gregorius. (2000). Microsoft FrontPage 2000 Webbot. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Akbar, A. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Fakultas Ekonomi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Arief, Subyantoro dan Suwarto, FX. (2007). Metodik dan Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta: Andi.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Ballester, Delgado. (2004). Applicability of a Brand Trust Scale Across Product Categories: A multigroup invariance analysis. European: Journal of Marketing.

Dailey, Patrick R. (2009). Social Media: Finding Its Way into Your Business Strategy and Culture. Burlington: Linkage.

Delgado, E., Manuera, J.L. and Yague, M.J. (2003). Development and Validation of a brand trust scale. International Journal of Market Research.

Garvin, Alana Nicole. (2009). Experiental Retailing: Extraordinary Store Environments and Purchase Behavior. Master thesis and Doctoral dissertations, paper 226 Eastern Michigan University.

Kapferer, Jean Noel. (2008). The New Strategic Brand Management (Edisi 4). London: United Kingdom.

Kotler dan Keller. (2009). Manajamen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lau dan Lee. (1999). Consumers Trust In A Brand And Link To Brand Loyalty, Journal of Marketing Focused Management.

Michon, et.al. (2003). Mall Atmospherics: The Interaction Effect of The Mall Environment on Shopping Behaviour, Journal of Bussiness research, Volume 58: 576-583.

Purnama, Hadi. (2011). Media Sosial di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha DH, Basu.(1984). Azas-Azas Marketing, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Terry, George R. (1977). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2005). Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: ANDI

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Wilson, Stephanie. (2003). The effect of music on perceived atmosphere and purchase intention in restaurant. Music and psychology research. Volume 31: 93-112.

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.