Komunikasi Endorser Dalam Menyampaikan Pesan Tentang Produk Pada Khalayak (Studi Kasus Tentang akun Instagram Angelica Chelsea dalam Instagram)

Frengki Frengki, Riris Loisa
| Abstract views: 155

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena mengingat berkembangnya teknologi yang pesat serta banyaknya pengguna media sosial, maka sangat menjanjikan bagi produsen untuk mengkomunikasikan produknya di media sosial dengan menggunakan jasa endorseryang telah memiliki banyak followers sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara komunikasi seorang endorser yang cukup populer dan memiliki jumlah pengikut lebih dari 100 ribu followers pada akun instagramnya. Analisis cara mengkomunikasikan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menerapkan studi kasus dalam penelitian ini. Narasumber dalam penelitian ini adalah Angelica Chelsea dan beberapa followers akun media sosial instagramnya untuk mengetahui bagaimana seorang endorsermengkomunikasikan pesan tentang produk pada khalayak di media sosial.Teknik yang digunakan adalah wawancara secara mendalam dan menggunakan coding.Setelah menjalankan proses penelitian penulis dapat menarik kesimpulan bahwa seorang endorsermengkomunikasikan pesan dari produk pada khalayak melalui berbagai cara seperti postingfoto, caption, video, snapgramreviewproduk, live instagramdan berkomunikasi secara langsung hingga after beforepenggunaan produk yang di endorseserta manfaat setelah pemakaian produk beberapa saat.

Keywords

endorser; komunikasi pesan; produk di instagram

References

Atmoko, Dwi Bambang. (2012). Instagram handbook. Jakarta: Mediakita

Cangara, Hafied (2016) Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Herdiansyah, Haris (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Liliweri, Alo. (2015). Komunikasi antar Personal. Jakarta: Kecana Prenada Media

Loisa, Riris, (2011). Stategi Komunikasi Politik 2.0: Facebook, Kesadaran Kritis, Dan Aksi Politik Di Dalam Revolusi Mesir. Jurnal Komunikasi.

Rohim, Syaiful. (2016) Teori Komunikasi Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga

Robert K. Yin. (2013). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: rajagrafindo persada

Sugiyono, (2011) Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna (2014) Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustakabarupress

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.