Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Oleh Fashion Blogger Dalam Menginspirasi Style Para Viewers

Main Article Content

Rachael Febrina
H Sunarto

Abstract

Instagram merupakan salah satu bentuk media baru yang saat ini dijadikan sebagai sebuah wadah bagi para konten creator untuk menuangkan segala ide, pendapat, maupun kreativitasnya. Dari adanya Instagram muncul berbagai konten creator yang berkembang sekarang dan salah satunya adalah fashion blogger. Fashion blogger merupakan panggilan untuk orang yang membuat konten berupa foto ataupun video seputar dunia fashion. Kehadiran fashion blogger saat ini telah diterima dengan baik oleh masyarakat dan dinantikan (digemari) oleh para wanita, dimana salah satu peran dari fashion blogger adalah membagikan informasi dan pengetahuan terbaru terkait dunia fashions. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa manfaat yang diberikan terkait kehadiran Instagram terhadap fashion blogger yang berperan dalam menginspirasi style para viewers nya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori media sosial yang merupakan media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, social network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan kualitatif, dimana objek penelitiannya adalah media sosial Instagram dan subyek penelitiannya yaitu fashion blogger dan viewers. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bawa fungsi media sosial yang paling dominan adalah fungsi informasi, yang berperan dalam membagikan informasi, pengetahuan, dan inspirasi bagi para viewers.

Article Details

How to Cite
Febrina, R., & Sunarto, H. (2018). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Oleh Fashion Blogger Dalam Menginspirasi Style Para Viewers. Prologia, 2(1), 164–169. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2401
Section
Articles
Author Biography

Rachael Febrina, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Flew, Terry. (2005). New Media an Introduction. New York: Oxford University Press

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo

Irma, Dewi. (2015, Mei 2011). Ini Dia 10 Fashion Blogger & Influencers Indonesia Nan Stylish dan Populer (Bagian 1). Retrieved Maret 16, 2018, from https://www.hitsss.com/ini-dia-10-fashion-bloggers-influencers-indonesia-nan-stylish-dan-populer-bagian-1/

Loisa, Riris. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara Tahun VI/03/2014.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media Bandung

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Semiawan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Jakarta: Suaka Media

Wahyuni, Hermrin Indah. (2013). Kebijakan Media Baru di Indonesia: Harapan, Dinamika, dan Capaian Kebijakan Media Baru di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Yusuf, A. Muri. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitan. Jakarta: Prenadamedia Group