Pemanfaatan Kanal Youtube OtoDriver Dalam Upaya Membangun Ketertarikan Subscriber Terhadap Fitra Eri

Rhandi Seeto Wiguna, Eko Harry Susanto
| Abstract views: 218

Abstract

Perkembangan penggunaan media sosial di Indonesia semakin pesat, salah satu media sosial yang cukup diminati oleh subscriber  adalah Youtube. Untuk menghadapi situasi tersebut, diperlukan figur yang mampu membawakan konten yang ada di Youtube dengan baik dan penuh inovasi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana subscriber  bisa tertarik terhadap Fitra Eri lewat konten Youtube yang di muat di kanal Youtube OtoDriver. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya media sosial, komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi massa, citra, public relations, teknologi komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun key informan dalam penelitian ini adalah seorang pakar media sosial serta lima orang subscriber OtoDriver yang digunakan untuk mengumpulkan data serta menjadi pembanding dari hasil penelitian ini. Hasil penelitiannya adalah, jumlah viewers yang dihasilkan oleh setiap tayangan konten tidak serta merta membuat subscriber  tertarik. Subscriber  beranggapan bahwa isi konten lebih penting dibanding jumlah viewers untuk menjadikan subscriber  tertarik akan individu. Lebih lanjut,latar belakang yang dimiliki oleh Fitra Eri sudah dketahui oleh subscriber  dan itu sudah mengindikasikan subscriber  tertarik, lalu Fitra Eri tidak begitu menghadapi persaingan dalam ranah Youtube dengan reviewer lain, itu disebabkan karena ciri khas serta citra yang kuat dimiliki oleh sosok Fitra Eri.

Keywords

media sosial; subscriber; youtube

References

Abidin, Yusuf Zainal. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Bungin, Burhan. (2015). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kasali, Rhenald. (1994). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Temprint.

Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2000). Human Communication Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Susanto, Eko Harry. (2010). Komunikasi Manusia: Esensi dan Aplikasi Dalam Dinamika Sosial, Ekonomi, Politik. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.