Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Traveloka

Main Article Content

Sarah Putri Gunawan
Rezi Erdiansyah

Abstract

Pada era globalisasi ini, iklan merupakan salah satu hal yang penting dalam memasarkan suatu produk. Iklan sebagai salah satu sarana pemasaran produk barang atau jasa harus mampu tampil menarik dan persuasif. Penelitian ini membahas mengenai analisis faktor-faktor periklanan yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian melalui Traveloka. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan variabel independent daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan kepercayaan merek serta variabel dependent adalah keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan metode eksplanatif-survei. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang pernah melakukan transaksi pembelian di Traveloka. Total sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Dari penelitian ini, diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,421. Hal ini menunjukkan bahwa 42,1% keputusan pembelian di Traveloka dipengaruhi oleh faktor daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan kepercayaan merek, sementara sisanya adalah sebesar 57,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Maka dapat disimpulkan bahwa factor daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan kepercayaan merek mempengaruhi keputusan pembelian melalui Traveloka.

Article Details

How to Cite
Gunawan, S. P., & Erdiansyah, R. (2018). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Traveloka. Prologia, 2(1), 183–189. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2396
Section
Articles
Author Biographies

Sarah Putri Gunawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Chandraningrum, Diah A. (2016). Proceeding International Conference Of Communication, Industry and Community, 411. Jakarta: Jurnal Komunikasi Untar.

Kevin. (2017). Pengaruh Iklan TVC AQUA Versi #AdaAQUA Episode “Ada Apa Dengan Cinta? 2” Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Pelita Harapan. Jakarta: Jurnal Komunikasi Untar.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Universitas Trisakti.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga