Perencanaan Komunikasi Pemasaran: Studi Kasus Tim Marketing Asuransi PT ASWATA

Timotius Sema Teguh, Farid Rusdi, Muhammad Adi Pribadi
| Abstract views: 189

Abstract

 

Komunikasi Pemasaran digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan perusahaan kepada masyarakat. Salah satunya adalah perusahaan jasa. Perusahaan jasa tidak menjual produk yang berbentuk fisik kepada masyarakat, melainkan pelayanan atau non-fisik. Penelitian ini membahas bagaimana perusahaan asuransi melakukan proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Penulis mengambil objek penelitian di PT ASWATA Cabang Karawaci Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori Perencanaan Komunikasi Pemasaran dan Brand image. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan metode ini, penulis mengumpulkan data melalui obeservasi non-partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan proses perencanaan komunikasi pemasaran di Aswata terdiri dari analisis situasi, strategi, implementasi, dan evaluasi.

Keywords

komunikasi; komunikasi pemasaran; perencanaan komunikasi pemasaran

References

Gregory, Anne. (2010). Planning and Managing Public Relations Campaigns A Strategic Approach.Kogan Page. 120 Pentonville Road. London. United Kingdom

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip., Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi ke 13. Erlangga. Jakarta

West, Richard., Lynn, H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke 3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Salemba Humanika. Jakarta

www.wartaekonomi.co.id (diakses pada 26 maret 2018)

Yin, Robert. K. 2013. Studi Kasus: Desain & Metode. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.