Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Interaksi Sosial di dalam Keluarga

Main Article Content

Bella Sthefani
Rezi Erdiansyah

Abstract

Pada era globalisasi, perkembangan teknologi membuat komunikasi secara langsung berkurang, terutama dengan munculnya Smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh intensitas penggunaan Smartphonedan komunikasi interpersonalterhadap interaksi sosial di dalam keluarga. Teori yang digunakan penulis adalah teori komunikasi interpersonal. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan juga studi kepustakaan. Penelitian menggunakan teknik non-probability sampling. Peneliti menemukan berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa pernyataan dari hipotesis 1 yaitu intensitas penggunaan smartphone berpengaruh terhadap interaksi sosial di dalam keluarga, tetapi setelah dilakukan pengujianmaka didapatkan hasil H0diterima dan H1ditolakkarenanilai p > 0,05 yaitu 0,589 > 0,05, artinya tidak ada pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial di dalam keluarga, sedangkan berdasarkan hipotesis 2 yaitukomunikasi interpersonal berpengaruh terhadap interaksi sosial di dalam keluarga, setelah dilakukan penelitian maka didapatkan hasil H0ditolak dan H2diterima karenanilai p < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh positif komunikasi interpersonal terhadap interaksi sosial di dalam keluarga. Dengan demikian, komunikasi interpersonalpenting dalam interaksi sosialdi lingkungankeluarga.

Article Details

How to Cite
Sthefani, B., & Erdiansyah, R. (2018). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Interaksi Sosial di dalam Keluarga. Prologia, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2391
Section
Articles
Author Biographies

Bella Sthefani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ali, M. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Cangara, Hafied. (1998). Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Corry, Andy. (2016), The Challenge Of Media Bussiness In Indonesia At The Era Of Information, Jurnal FIKom UNTAR ix-449 page. Jakarta.

Devito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Soerjono, Soekanto. (1989). Sosiologi suara pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Sugiyono, (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Syaodih, N. (2008). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.