Analisis Strategi Kreatif Iklan Billboard Gojek Di Kuningan

Main Article Content

Tjiara Willianto Setiawan
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Billboard telah menjadi salah satu media cetak yang cukup populer di kalangan masyarakat. Penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus ini akan membahas salah satu iklan dengan media billboard yang dibuat oleh PT. Applikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek Indonesia) yang sempat viral di media internet karena keunikan iklan tersebut. Penelitian ini juga didukung dengan melakukan wawancara terhadap dua narasumber seorang Creative Director dari salah satu biro iklan yaitu Bates Chi & Partners dan ketua tim kreatif pembuat iklan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi kreatif dalam pembuatan iklan Go-Jek di Kuningan. Namun, ketentuan-ketentuan billboard sendiri yang sudah berubah mengikuti perkembangan zaman serta masyarakat yang jenuh dengan iklan yang itu-itu saja membuat munculnya iklan Go-Jek tersebut menjadi pecutan untuk para praktisi iklan lebih mengembangkan dan memanfaatkan media-media kuno menjadi lebih efektif lagi.

Article Details

How to Cite
Setiawan, T. W., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Kreatif Iklan Billboard Gojek Di Kuningan. Prologia, 2(1), 209–214. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2389
Section
Articles
Author Biographies

Tjiara Willianto Setiawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

http://www.academia.edu/12008849/Definisi_Periklanan_Menurut_Beberapa_Ahli, (diakses 20 Maret 2018, pukul 10:09 WIB)

http://www.spengetahuan.com/2015/12/12-pengertian-iklan-menurut-para-ahli-terlengkap.html, diakses 21 Maret 2018, pukul 10:39 WIB)

https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/2026, diakses pada 21 Juni 2018 pukul 13.11 WIB.

https://media.neliti.com/media/publications/96053-ID-none.pdf diakses 18 Maret 2018 Pukul 22.40)

J. Moleong, Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

M.A, Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moriarty, Sandra. Nancy Mitchell. (2015).Advertising. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks

Slyvia Melinda, (2017). “Efektivitas Billboard dan Signboard sebagai Media Promosi Suroboyo Carnival Park”, Universitas Kristen Petra.

Sukendro, G. Gregorius. (2016). Kreativitas Indonesia: Analisis Iklan Pariwisata Indonesia “Pesona Indonesia”. Jakarta: Untar.

Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah pasal 1 ayat 27