Analisis Semiotika Peran Ganda Perempuan Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Rumah Tangga Pada Iklan Tesco Lotus: Power of Women

Yashinta Amelia, Widayatmoko Widayatmoko
| Abstract views: 181

Abstract

Peran ganda perempuan sudah bukan merupakan hal baru saat ini. Banyak perempuan yang sudah berkeluarga memutuskan untuk melakukan peran ganda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tanda-tanda peran ganda perempuan dalam memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga pada iklan. Perempuan terlihat dari bagaimana ia membagi perannya di rumah tangga dan sektor publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti akan menjelaskan mengenai peran ganda perempuan sebagai objek penelitian dan iklan Tesco Lotus: Power of Women sebagai subyeknya, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik menurut Roland Barthes dengan konsep denotasi, konotasi, dan mitos untuk mengkaji iklan Power of Women. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran ganda perempuan dalam Iklan Tesco Lotus: Power of Women, serta adanya cukup banyak resiko yang dihadapi seorang perempuan dalam melakukan peran gandanya, baik mulai dari pekerjaannya sebagai supir taksi, hingga cara perempuan tersebut melakukan tugasnya sebagai seorang ibu. Selain itu, peran ganda dilakukan untuk menambah penghasilan keluarga agar tidak bergantung pada suami, dengan tugas utama seorang ibu untuk mengurus kebutuhan rumah tangga dan juga sebagai pencari nafkah dan tulang punggung keluarga.

Keywords

iklan; peran ganda perempuan; semiotik

References

Atmadja, (2013). “Pergulatan Metodologi Dan Penelitian Kualitatif Dalam Ranah Ilmu Akuntansi”. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ermawati, Siti. (2016). “Peran Ganda Wanita Karier”. Bojonegoro: Jurnal Edutama.

Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munandar, U. (1985). Emansipasi dan Peran Ganda Wanita Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Suhardono. Edy. (2016). Teori Peran Konsep, Derivasi dan Implikasinya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widayatmoko, Halim. (2014). Representasi Kampanye Politik Pemilu 2014 Dalam Game (Analisis Semiotik Dalam Game Jokowi Go! Dan Game Prabowo The Asian Tiger). Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Widyatwati, Ken. (2015). CERPEN FARUK “BUS KOTA” DALAM SEMIOTIK ROLAND BARTHES. Semarang: Universitas Diponegoro.

Copyright (c) 2018 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.