Analisis Strategi Perencanaan Media di PT. Mega Pro Communications

Main Article Content

Andrew Thimotius
Wulan Purnama Sari

Abstract

Media Planning adalah serangkaian keputusan yang terlibat dalam menyampaikan pesan promosi kepada calon pembeli dan/atau pengguna produk atau merek yang prospektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris proses perencanaan media planningdalam perusahaan agensi iklan. Pengalaman media planning, keahlian dalam strategi periklanan, proses perencanaan media planning, peran divisi media planningterhadap klien di agensi periklanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh oleh peneliti adalah PT. Megapro Communications memiliki struktur organisasi dalam perusahaan tersebut. PT. Megapro Communications mempunyai langkah-langkah dalam melakukan proses perencanaan media, berawal dari: Pertemuan dengan klien, melakukan brainstorming, membuat kampanye, hasil program kampanye yang diberikan kepada klien, eksekusi iklan, monitoringhingga proses evaluasi (post buy campaign). Jadi dapat disimpulkan bahwa sebuah iklan harus melakukan tahap proses perencanaan iklan. Sehingga pesan iklan dapat tersampaikan sesuai dengan keinginan klien.

Article Details

How to Cite
Thimotius, A., & Sari, W. P. (2018). Analisis Strategi Perencanaan Media di PT. Mega Pro Communications. Prologia, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2385
Section
Articles
Author Biographies

Andrew Thimotius, Universitias Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitias Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Riris Loisa, dan Yugih Setyanto. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet Di Kalangan Remaja (Studi Komunikasi Antar Pribadi). Jakarta: Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Wahyuni, Itcha. (2017). Media Planning dan Media Buying, dengan Pendekatan Teori dan Praktis. Yogyakarta: Telkom University.