Konten Promosi Blibli di YouTube yang Menampilkan NCT127 dalam Meningkatkan Brand Awareness

Main Article Content

Kezia Audreylia
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Promotion is an important communication activity for companies, including Blibli, as an e-commerce company in Indonesia, so they can compete with other companies. Blibli promotional activities are carried out through YouTube. YouTube is currently one of the social media with the most users and the promotion is in the form of various and useful promotional content. Seeing the K-Pop culture which is very popular with the Indonesian people, Blibli decided to hook up one of the most popular K-Pop groups currently in Indonesia, namely NCT127 to become a brand ambassador on 5 July 2022. The use of YouTube and NCT127 as brand ambassadors is done to increase brand awareness. The purpose of this research is to find out and describe Blibli's promotional content featuring NCT127 uploaded on YouTube in order to increase brand awareness. This study uses the concept of brand ambassadors and brand awareness. This research was conducted using the case study method. To obtain data and information, researchers conducted interviews, observation, documentation, and literature study. The researcher found that Blibli's promotional content on YouTube featuring NCT127 has made Blibli more widely known, especially among NCT127 fans who have registered as users and even become Blibli customers.


Promosi adalah salah satu kegiatan komunikasi yang penting bagi perusahaan termasuk Blibli sebagai perusahaan e-commerce di Indonesia agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. Kegiatan promosi Blibli dilakukan melalui YouTube. YouTube saat ini merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak dan promosi tersebut berupa konten-konten promosi yang beragam dan bermanfaat. Melihat budaya K-Pop yang sangat digemari masyarakat Indonesia, Blibli memutuskan untuk menggaet salah satu grup K-Pop terpopuler saat ini di Indonesia yaitu NCT127 untuk menjadi brand ambassador pada 5 Juli 2022. Pemanfaatan YouTube dan NCT127 sebagai brand ambassador ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan konten promosi Blibli yang menampilkan NCT127 yang diunggah di YouTube dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan konsep brand ambassador dan brand awareness. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Untuk memperoleh data dan informasi, peneliti melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi pustaka. Peneliti menemukan hasil bahwa konten-konten promosi Blibli di YouTube yang menampilkan NCT127 ini membuat Blibli semakin dikenal lebih luas khususnya pada kalangan penggemar NCT127 yang banyak mendaftar sebagai pengguna bahkan menjadi customer Blibli.

Article Details

How to Cite
Audreylia, K., & Utami, L. S. S. (2023). Konten Promosi Blibli di YouTube yang Menampilkan NCT127 dalam Meningkatkan Brand Awareness. Prologia, 7(2), 416–423. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21435
Section
Articles
Author Biographies

Kezia Audreylia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1). https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pengertian+penelitian+kualitatif&ots=5HgtquhtGr&sig=2QQXeXygzJ2eomJby8MCooS5S9s&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20penelitian%20kualitatif&f=false

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Blibli.com. (2022, September 1). Tentang Blibli. Blibli.Com. https://www.blibli.com/faq/tentang-blibli/tentang-blibli-com/

Dihni, V. A. (2022, July 19). 10 E-commerce Dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022. Katadata Media Network . https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori Dan Praktis Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=MtqFDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=teori+dan+praktis+&ots=Ps-qrnUu_k&sig=PDkTzutOcjmI-9f2qAuTmsSetwQ&redir_esc=y#v=onepage&q=teori%20dan%20praktis&f=false

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling , 2(2), 144–159. file:///C:/Users/audre/Downloads/218-626-1-PB%20(1).pdf

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v18i1.1098

Herlin, G., & Sukendro, G. G. (2020). Analisis Peran Komunikasi Visual Art Band Fourtwnty Sebagai Media Promosi. Prologia, 4(1), 167–172. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6467

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran Kuningan . https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=metodologi+penelitian+pendidikan+kualitatif+kuantitatif+mix+&ots=XvIio2Uapu&sig=R9Y6d996-BpNWQDA3TdRruYInGo&redir_esc=y#v=onepage&q=metodologi%20penelitian%20pendidikan%20kualitatif%20kuantitatif%20mix&f=false

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (LMS) Di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Informatika), 1(1), 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jipi.v1i01.13.g4

Ma’artusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19411/11477

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data. Tugas Resume Ujian Akhir Semester, 1–22. https://osf.io/preprints/inarxiv/3w6qs/

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9(4), 357–380. file:///C:/Users/audre/Downloads/58857-109-148902-4-10-20200629%20(3).pdf

Prasetyo, E. (2017). Sistem Informasi Dokumentasi Dan Kearsipan Berbasis Client-Server Pada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), 7(2), 1–10. https://www.jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/101

Prihatsanti, U., Suryanto, & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Metode Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah Dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126–136. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa (Adipranomo, Ed.). Percetakan PT Gramedia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DsRGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=komunikasi+massa+&ots=dyvMOvINkM&sig=0cg0G3PQ6VpzKadRdDX5lYMgLRc&redir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi%20massa&f=false

Rosyadi, A. (2021). Peran Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Melalui Brand Awareness. Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 18(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.7943

Santoso, A. (2022, July 5). Pikat Pelanggan Milenial dan Gen Z, Blibli Gandeng NCT127 Jadi Brand Ambassador. Bengawan News. https://kumparan.com/bengawannews/pikat-pelanggan-milenial-dan-gen-z-blibli-gandeng-nct-127-jadi-brand-ambassador-1yPBt9HVPaL/full

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kikas’s Catering Di Media Sosial. PRofesi Humas, 3(1), 102–119. http://journal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/15333/8575

Widi; Shilvina. (2022, August 10). Pengguna Youtube di Dunia Capai 2,41 Miliar pada Kuartal II/2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-youtube-di-dunia-capai-241-miliar-pada-kuartal-ii2022