Komunikasi Pemasaran Produk Herbaleo melalui Media Sosial TikTok (Strategi Content Creator)

Main Article Content

Jennifer Angel Athalia
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

The development of  digital technology has changed the way a company markets its products. One of them is Herbaleo, which follows digital developments by starting to enter social media TikTok. Herbaleo does product marketing on TikTok with the help of a content creator. As a health brand it is very important for Herbalio to build consumer trust. The author is interested in knowing the marketing communication strategy for Herbaleo content creators in marketing detox tea products on the Herbaleo Detox Tea TikTok account. The author uses a qualitative approach in this study. The data obtained in this study were from semi-structured interviews, participatory observation, documentation, and literature studies. As a result, the content creator strategy in marketing products is by uploading interactive, educative, informative, and entertainment content. In addition, Herbaleo detox tea content creators also collaborate with influencers.


Perkembangan teknologi digital yang semakin maju mengubah cara sebuah perusahaan dalam memasarkan produk. Salah satunya Herbaleo yang mengikuti perkembangan digital dengan mulai masuk ke media sosial TikTok. Herbaleo melakukan pemasaran produk di TikTok dengan bantuan seorang content creator. Sebagai brand kesehatan sangat penting bagi Herbalio untuk membangun kepercayaan konsumen. Penulis tertarik untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran content creator Herbaleo dalam memasarkan produk detox tea di akun TikTok Herbaleo Detox Tea. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini. Data yang diperoleh pada penelitian ini dari wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasilnya, strategi content creator dalam melakukan pemasaran produk yaitu dengan mengunggah konten interaktif, edukatif, informatif, dan entertainment. Selain itu, content creator Herbaleo detox tea juga melakukan kolaborasi dengan influencer.

Article Details

How to Cite
Athalia, J. A., & Sukendro, G. G. (2023). Komunikasi Pemasaran Produk Herbaleo melalui Media Sosial TikTok (Strategi Content Creator). Prologia, 7(2), 354–361. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21415
Section
Articles
Author Biographies

Jennifer Angel Athalia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Accurate . (2021, March 3). https://accurate.id/marketing-manajemen/content-creator-adalah/#Pengertian_Content_Creator_Adalah

Anggito & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Jejak.

Ardelia, I., & Sukendro, G. G. (2019). Komunikasi Interaktif Nikon Ambassador Dalam Mempertahankan Citra Merek (Studi Kasus Akun Media Sosial Instagram @Sukiminthio). Prologia, 3, 365–372. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6360/4924

Banjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., Gandasari, D., Purba, S., Muliana, Ashoer, M., Tjiptadi, D. D., Hendra, Simarmata, H. M. P., Berlien, R., & Hasyim. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. In Yayasan Kita Menulis (Issue April).

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II).

Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/342644678

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif.teori dan praktik. In Jakarta: pt Bumi Aksara.

Latief, R. (2018). Word Of Mouth Communication Penjualan Produk. Media Sahabat Cendekia. https://www.google.co.id/books/edition/Word_of_mouth_communication/6HiWDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1

Nuraeni, E., & Junita, I. (2019). Peran Content Creator pada Instagram dalam Pemasaran Produk. Prosiding Manajemen Komunikasi, 5(2), 375–381. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16792

Oktavania, W. P. (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 27. https://doi.org/10.33021/exp.v2i1.543

Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia - DataIndonesia.id. (n.d.). Retrieved November 23, 2022, from https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia

Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula dikalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2). https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965

Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Scopindo Media Pustaka.

Sisca, Simanjuntak, M., Sudarso, A., Sahir, E. G. S. H., Putri, D. M. B., Ningtyas, R. C. P., Hasyim, & Muliatie, Y. E. (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pemasaran_Dasar_dan_Konsep/2S5CEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=promosi+penjualan&pg=PA126&printsec=frontcover

Sya’dian, T., Ali Mursid Alfathoni, M., Purba, R., Paimin, Y., dan Desain, S., Potensi Utama, U., & Marelan Raya Medan, J. (2022). Strategi Kreatif Content Creator Potensi Utama Dalam Memproduksi Video Obrolan Bisnis Dan Kewirausahaan (Obkan). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i1.61