Analisis Digital Marketing Media Sosial Instagram Dare Photobooth

Main Article Content

Willy Christian Lee
Sisca Aulia

Abstract

This background of this research about technology development and human needs that changes how human do business activities. The entreprenuer required to follow technology and using the technology to innovate or carry out business strategy to get customer. One of the most used social media is Instagram, so a lot entreprenuer do marketing strategy on it like Darephotobooth to get more customer. In this research, researcher focus on what strategy Darephotobooth used to get more customer with qualitative research. To get the data, researcher using interview, observation and documentation. This research shows that digital marketing strategy that Darephotobooth used helps a lot to sells their products. Darephotobooth using a lot marketing strategy like product, price, distribution and promotion strategy. Digital marketing strategy that Darephotobooth used bring brand awareness so Darephotobooth keep get closing.


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi disertai dengan kebutuhan manusia yang semakin beragam yang menyebabkan perubahan dalam segala aspek kegiatan bisnis. Sehingga menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam meningkatkan strategi marketing mereka guna untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi digital marketing melalui sosial media Instagram. Hal ini dilakukan oleh Dare Photobooth untuk menarik perhatian konsumen guna untuk meningkatkan penjualan. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi digital marketing yang digunakan pada Instagram @darephotobooth. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data-data yang digunakan diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan oleh Dare Photobooth sangat membantu mereka dalam memasarkan produknya. Dare Photobooth menggunakan berbagai teknik penjualan yaitu strategi produk, strategi harga, strategi penyaluran/distribusi dan strategi promosi. Dare Photobooth memanfaatkan semua fitur Instagram untuk membangun brand awareness. Konsumen akan selalu dilayani dengan pelayanan yang responsif dengan tujuan akhir penjualan.

Article Details

How to Cite
Lee, W. C., & Aulia, S. (2023). Analisis Digital Marketing Media Sosial Instagram Dare Photobooth. Prologia, 7(2), 263–268. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21349
Section
Articles
Author Biographies

Willy Christian Lee, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sisca Aulia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13-23.

Daryanto, L. H., & Hasiholan, L. B. (2019) The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, 5(5).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. (15th ed., Global edition). London: Pearson Education.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi, 11(2), 223-224.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136-149. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883

Yin, R. K. (2018). Case Study Research Design and Methods. (6th ed). Thousand Oaks. CA: Sage.