Corporate Social Responsibility Djarum Beasiswa Plus Sebagai Praktik Public Relations dalam Membentuk Citra PT. Djarum (Studi CSR Djarum Beasiswa Plus Beswan 31 Periode 2015/2016)

Main Article Content

Michelie Tamara
H. Sunarto

Abstract

Citra baik atas perusahaan di mata publiknya sangat penting bagi suatu perusahaan baik milik swasta atau negara dalam menghadapi era globalisasi saat ini karena hal tersebut dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur kinerja perusahaannya. Salah satu upaya untuk menarik simpati masyarakat dan membentuk citra positif, perusahaan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai program Corporate Social Responsibility Djarum Beasiswa Plus yang dilakukan melalui Djarum Foundation yang terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia yang tak hanya memberikan bantuan dana namun juga pelatihan softskill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Corporate Social Responsibility Djarum Beasiswa Plus sebagai Praktik Public Relations dalam membentuk Citra PT. Djarum. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah PR, CSR, dan citra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah Program Manager Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Binma Universitas Tarumanagara, perwakilan penerima Djarum Beasiswa Plus (beswan 31) dan objek dari penelitian ini adalah program CSR Djarum Beasiswa Plus. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan Program Manager Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Binma Universitas Tarumanagara, dan beswan 31. Hasil dari penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility Djarum Beasiswa Plus sebagai salah satu praktik PR PT. Djarum melalui Djarum Foundation dapat membentuk citra PT. Djarum baik langsung ataupun tidak langsung.

Article Details

How to Cite
Tamara, M., & Sunarto, H. (2018). Corporate Social Responsibility Djarum Beasiswa Plus Sebagai Praktik Public Relations dalam Membentuk Citra PT. Djarum (Studi CSR Djarum Beasiswa Plus Beswan 31 Periode 2015/2016). Prologia, 1(2), 503–508. https://doi.org/10.24912/pr.v1i2.1973
Section
Articles
Author Biographies

Michelie Tamara, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

H. Sunarto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aldhily, Ridho. (2017). 101 Amazing Public Relation Ideas. Yogyakarta: Quadrant

Butterick, Keith. (2013). Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Herdiansyah, Haris. (2014). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Nova, Firsan. (2014). PR War. Jakarta: Raja Grafindo Persada.