Pengaruh Daya Tarik Konten Fan Page Facebook “Thenewbikingregetan” Terhadap Arah Opini Pengikutnya Di Jakarta

Ivania Chandra Rahardja, Dani Vardiansyah
| Abstract views: 521

Abstract

“Thenewbikingregetan” merupakan fan page Facebook yang gemar membagikan informasi terkait dengan pelanggaran yang terjadi di masyarakat. Informasi yang dibagikan tersebut dapat berpengaruh terhadap arah opini publik para pengikutnya. Opini publik tidak dapat diukur, tetapi arah opini publiknya dapat diukur, apakah ke arah positif, netral, atau negatif. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh daya tarik konten fan page Facebook “Thenewbikingregetan” terhadap arah opini pengikutnya yang berdomisili di Jakarta. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanatif-survei. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner (survey) online dan studi kepustakaan, dengan jumlah sampel 100 responden dari total 27.344 responden yang merupakan populasinya. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan Rumus Slovin, dengan teknik non-probability sampling dan jenisnya adalah sampling kuota. Penelitian ini kemudian dikaji dengan dimensi dari daya tarik konten fan page Facebook yaitu faktor personal dan faktor interpersonal, serta dikaji dengan dimensi dari arah opini pengikutnya yang berada di Jakarta yaitu positif, netral atau negatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linear sederhana Y=3.925+(0,74)X, serta nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, serta terdapat keterkaitan dengan hubungan yang kuat, antara daya tarik konten fan page “Thenewbikingregetan” dengan arah opini pengikutnya yang berdomisili di Jakarta. Jadi dapat disimpulkan bahwa daya tarik konten fan page “Thenewbikingregetan” memberikan pengaruh dalam peningkatan arah opini pengikutnya.

Keywords

: Daya Tarik Konten, “Thenewbikingregetan”, Arah Opini Pengikut, Jakarta

References

Dani, Vardiansyah. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bojongkerto, Ghalia Indonesia

Dani, Vardiansyah. (2005). Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nimmo, Dan. (2000). Komunikasi Politik (Komunikator, Pesan, dan Media). Diterjemahkan oleh: Tjun Surjaman. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Suryani., & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenamedia Group.

Copyright (c) 2018 Prologia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.