Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan (Studi Di Warung Wakaka)

Main Article Content

Edwin Renyut
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Perkembangan ekonomi akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Bisnis restoran yang semakin berkembang pesat dengan persaingan yang semakin banyak membuat perusahaan harus mampu mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu peneliti membahas tentang pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan dalam restoran Warung Wakaka. Menurut Sheth Et Al (dalam Ariyanti, 2006) mengemukakan bahwa ada tiga program customer relationship management yang harus diterapkan untuk mencapai tujuan customer relationship management, yaitu: (1). Contuinity Marketing, (2). One to One Marketing dan (3). Partnering Program. Pengukuran loyalitas pelanggan mengadopsi dimensi-dimensi yang pernah digunakan oleh peneliti seperti Dick dan Basu, Forrell, Jacoby, dan Keyner (dalam Ganesh, Arnold dan Reynolds, 2000) sebagai berikut: (1). repeat purchase intention, (2). price insentivity, (3). resistance to counterpersuasion dan (4) positive recortmendation to other people. Metedeologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pelanggan di Restoran Warung Wakaka. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linier Y = 8.439 + 0.742 X, serta nilai signifikani sebesar 0,000 < 0,05. Menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan. Maka dapat disimpulkan customer relationship management memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Article Details

How to Cite
Renyut, E., & Widayatmoko, W. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan (Studi Di Warung Wakaka). Prologia, 1(2), 393–398. https://doi.org/10.24912/pr.v1i2.1952
Section
Articles
Author Biographies

Edwin Renyut, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Widayatmoko Widayatmoko, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ariyanti, M. (2006). Manajemen Hubungan Pelanggan Guna Memperoleh Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi 7(4) : 888-900.

Kriyanto, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sagiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widayatmoko. (2013). Dimensi Peran Public Relations Dalam Menciptakan Loyaliyas Pelanggan Bank Mandiri. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal penelitian, Pengembangan Ilmu Manajemen dan Akuntansi. Vol. 8 No. 13.