Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Daya Tarik Iklan terhadap Efektivitas Iklan dan Implikasinya pada Brand Awareness
Main Article Content
Abstract
The low level of visits to the JD.id site indicates the low level of public awareness of JD.id. This study was conducted to see whether the quality of the advertising message and the attractiveness of the advertisement had a direct or indirect effect on the effectiveness of advertising in increasing JD.id's brand awareness. This research focuses on the JD.id advertisement with the version "Free with Cinta Laura". In this research, the writer uses quantitative method, non-probability sampling technique and purposive sampling approach. The research sample was 100 respondents. The collected data is then processed using Path Analysis or Path Analysis. The results of this study are the Quality of Advertising Messages (X1) and Advertising Attractiveness (X2) indirectly affect Brand Awareness (Z) mediated by Advertising Effectiveness (Y).
Rendahnya tingkat jumlah kunjungan ke situs JD.id, mengindikasikan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap JD.id. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah kualitas pesan iklan dan daya tarik iklan berpengaruh langsung atau tidak langsung terhadap efektivitas iklan dalam meningkatkan brand awareness JD.id. Penelitian ini fokus pada Iklan JD.id yang versi “Ongkirnya free with Cinta Laura”. Dalam penelitian ini, penulis memakai metode kuantitatif, teknik sampling non-probability sampling dan teknik pendekatan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul kemudian penulis olah menggunakan Analisis Jalur atau Path Analysis. Hasil dari penelitian ini adalah Kualitas Pesan Iklan (X1) dan Daya Tarik Iklan (X2) secara tidak langsung mempengaruhi Brand Awareness (Z) yang dimediasi oleh Efektivitas Iklan (Y).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Adriansyah, L., Arifin, Z., & Fanani, D. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan (Survei Terhadap Iklan Honda Versi Band Nidji “One Heart”). Jurnal Administrasi Bisnis, 23(2). https://media.neliti.com/media/publications/71640-ID-pengaruh-daya-tarik-iklan-terhadap-efekt.pdf
Bakara, S. L. M. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Produk Indomie pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/17168
BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 3,50%: Sinergi Menjaga Stabilitas dan Memperkuat Pemulihan. (n.d.). Retrieved December 3, 2021, from https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2317721.aspx
JD.ID : Toko Online Terpercaya Indonesia | Dijamin Original. (n.d.). Retrieved December 3, 2021, from https://www.jd.id/help/question-22.html
Indonesia: top 10 e-commerce sites by monthly traffic 2021 | Statista. (n.d.). Retrieved December 3, 2021, from https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.
Nurhayati, E. (2012). Pengaruh Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser Terhadap Efektivitas Iklan (Studi Kasus Pada Iklan Olay Natural White Di Kota Semarang). Indonesia Journal of Marketing Science, 11(2). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14274